Perantau Situjuah di Kalteng Butuh Bantuan, Istri Meninggal, Anak dan Mertua Diisolasi

Ade Kurniawan butuh uluran tangan

Sumbar, SagoNews.com - Malang benar nasib Ade Kurniawan (30), perantau asal Jorong Tanjuang Simantuang, Nagari Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatra Barat itu membutuhkan uluran tangan, ia kini di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Istrinya baru saja meninggal dunia pada pertengahan Mei lalu. Sang istri merupakan warga Limapuluh Kota dan dimakamkan di sana. Sementara saat ini sang anak sedang menjalani isolasi mandiri dengan ditemani mertua di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit.

Awalnya, Ade, yang sudah berhenti dari pekerjaan sebagai karyawan di sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit, ingin pulang kampung bersama sang anak dan mertuanya untuk memulai kehidupan baru.

Mereka rencananya berangkat kemarin sore dari Bandara H. Asan Sampit menuju Padang menggunakan maskapai penerbangan Sriwijaya Air dengan transit terlebih dahulu di Jakarta.

Tetapi, apa daya, ketika petugas Bandara H Asan Sampit melakukan pemeriksaan, ternyata suhu tubuh anaknya tinggi. Dan, anaknya pun harus menjalani isolasi mandiri. Rencana pulang kampung Ade pun jadi batal.

"Saya niatnya ingin pulang kampung dari Sampit bersama anak dan mertua, kemarin jam empat sore. Saya sudah resign di sini. Tapi, sewaktu di bandara, ada pengecekan suhu tubuh. Ternyata suhu anak saya tinggi, 38,3 derajat celsius. Kami tidak diizinkan berangkat," ujarnya kepada awak media lewat sambungan telepon, Sabtu (13/6/2020).

Ade sebenarnya menolak pembatalan keberangkatan itu. Sebab, dia, anak, dan mertuanya sudah mengantongi surat keterangan telah melakukan rapid test dengan hasil negatif Covid-19.

Namun, kata Ade, pihak bandara tetap tidak mengizinkan karena suhu tubuh anaknya tinggi. Sebagaimana diketahui, suhu tubuh tinggi lewat 37 derajat celsius merupakan salah satu gejala seseorang terinfeksi virus corona.

Pihak bandara lalu menghubungi pihak gugus tugas penanganan Covid-19 setempat. Setelah konsultasi dengan dokter anak di rumah sakit, diputuskan bahwa sang anak harus isolasi mandiri.

"Tiba di rumah sakit, langsung isolasi. Dia diisolasi mulai jam enam malam kemarin. Pada malam kemarin, anak saya juga sudah dilakukan tes swab oleh petugas medis. Sedang mertua berada di rumah sakit untuk mendampingi anak di kamar isolasi," jelasnya.

Kata Ade, anaknya tersebut baru berumur 48 hari. Pada pertengahan Mei lalu, istrinya meninggal dunia. Beberapa hari setelah melahirkan, istrinya harus diisolasi di rumah sakit RSUD Dr Doris Sylvanus Palangkaraya karena gagal fungsi paru-paru. Dirinyalah yang mendampingi istrinya di rumah sakit. Setelah hampir selama setengah bulan di rumah sakit, istrinya pun berpulang.

Sekarang, anaknyalah yang harus diisolasi di rumah sakit karena gejala Covid-19.

Karena ingin pulang kampung bersama anak dan mertuanya, Ade berhenti dari pekerjaan. "Saya ingin membawa anak dan mertua pulang kampung. Saya berhenti karena ingin pulang kampung habis. Anak dan mertua kan Ndak mungkin pulang kampung berdua. Jadi, saya pulang kampung bersama mereka. Saya sudah membuat surat resign pada 6 juni kemarin. Saya ingin mendampingi anak di kampung," tuturnya.

Meski demikian, atas cobaan yang dihadapi, Ade berusaha untuk tetap tegar. Pihak maskapai telah mengembalikan uang pembelian tiket penerbangannya.

Kata Ade, dia akan berusaha menggunakan uang tersebut untuk biaya sehari-hari selama anak dan mertuanya berada di rumah sakit. Kata Ade, berdasarkan informasi yang dihimpunnya, hasil pemeriksaan swab anaknya akan keluar 15 - 20 hari lagi. Ade, anak, dan mertuanya tidak memiliki kerabat di rantau.

Jika uang tersebut habis, dan anaknya nanti sudah diperbolehkan keluar karena sehat, Ade mengaku tidak tahu harus berbuat apa.

"Di sini, kami tidak ada siapa-siapa. Kalau habis pitih, dan kalau anak sudah keluar dari rumah sakit (karena dinyatakan sehat), saya tidak tahu kelanjutannya bagaimana," terangnya.

Dia meminta agar masyarakat ikut mendoakan kesembuhan anaknya. Ade juga berharap agar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) atau masyarakat Minang yang ada di Sumbar atau di rantau untuk membantu proses pemulangannya bersama anak dan mertuanya.

"Saya berharap ada pihak yang membantu proses kepulangan kami," sebutnya.

Informasi tentang Ade, yang istrinya baru saja meninggal dunia dan anaknya harus menjalani isolasi mandiri di rumah sakit, mulanya diperoleh awak media dari Dodi Mardianto Datuk Katumanggungan, Ketua Alumni Pondok Pesantren Almakmur Tungkar, dimana Ade merupakan alumni pesantren yang berlokasi di Situjuah Tungkar tersebut.

Lewat sambungan telepon, Dodi mengatakan, Ade saat ini membutuhkan bantuan. "Dia kemarin mau pulang kampung bersama anak dan mertuanya. Mereka sudah rapid test dengan hasil negatif. Namun, batal berangkat karena pas dicek suhu tubuh anaknya tinggi," jelasnya.

Dodi mengatakan dia berkomunikasi dengan Ade tadi malam. Ade, menurut Dodi, kebingungan atas musibah yang dialami.

"Saya berkomunikasi dengannya tadi malam. Kebetulan saya ketua alumni di pondok pesantren itu. Dia memang butuh bantuan. Kebetulan, teman-teman alumni pesantren tidak ada yang berada di dekat posisinya," terangnya.

Berita terkait : Penggalangan Bantuan Untuk Ade Kurniawan

Bagi yang ingin berpartisipasi untuk membantu Ade Kurniawan silakan menghubungi nomor handphone-nya +6282383462066
(fkh)
Sumber : Covesia