Kades dari Jawa Timur, Membangun Pariwisata Berbasis Masyarakat Desa

Kepala Desa asal Ketapan Rame Zainul Arifin di tengah pandemi COVID-19 lalu mengabdikan dirinya untuk mewujudkan desa mandiri melalui Desa Sejahtera Astra (DSA) Ketapan Rame, di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.



Melalui Taman Ghanjaran, Zainul, sosok yang mengepalai tiga desa, yaitu Desa Ketapan Rame, Desa Sukorame, dan Desa Slepi, mampu merangkul para warga untuk terlibat dalam mewujudkan desa mandiri.

“Taman Ghanjaran ini dipercaya dapat mengembangkan wilayah Ketapan Rame agar menjadi desa mandiri. Bagaimana caranya? saya mengenalkan cara investasi kepada 1.879 kepala keluarga untuk menjadi pemilik wahana,” ujar Zainul. 

Sejak dibukanya Taman Ghanjaran pada Desember 2019, Zainul menawarkan para warga dengan cara membeli saham senilai Rp1 juta per lembar. 

Setelah melewati penjelasan panjang, pada Februari 2020 terkumpulah 448 kepala keluarga yang terdaftar sebagai pemegang saham Taman Ghanjaran dan mampu mengumpulkan modal sebesar Rp3,8 miliar. Dana tersebut digunakan untuk mendirikan wahana bermain serta kuliner.

Meski tidak mudah karena tempat wisata terpaksa ditutup akibat pandemi COVID-19, para warga sempat mengalami kebingungan karena tidak dapat mengakses tempat wisata Taman Ghanjaran. Akhirnya tempat wisata tersebut kembali beroperasi pada bulan Agustus 2020 dengan mengikuti berbagai aturan protokol kesehatan. 

Selama masa menunggu aturan baru dari pemerintah, para warga hanya mengandalkan pemasukan dari sumber air mineral yang termasuk salah satu potensi alam DSA Ketapan Rame.

Tenaga desa yang dulunya membawa penghasilan Rp30 juta pertahun, kini secara perlahan mengalami peningkatan sekitar Rp2 miliar pada tahun 2020.

Aksi yang dilakukan Zainul mendapat apresiasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur sebagai BUMDes berprestasi nomor satu dan menjadi DSA Terbaik tahun 2020 oleh Astra dalam acara KBANOVATIONS.

Pengabdian Zainul sebagai motor penggerak kemajuan bangsa, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa. (Rel/fr)