Sukri, Warga Akabiluru 17 Tahun Menderita Sakit Aneh



Limapuluh Kota, SagoNews.com - Sukri Govinda (17) warga Jorong Sungai Cubadak, Kenagarian Koto Tangah Batu Ampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota. Sejak lahir menderita sakit aneh, berupa kelainan tulang dan saraf, hingga 2 buah jari kaki telah diamputasinya sendiri. Akibat tak kuasa menahan sakit.

Berdasarkan penuturan kakak kandungnya, Ulva Maya Sari (32), adik kandungnya telah lumpuh sejak lahir. Sukri hingga kini diasuh oleh ibunya Mitrawati, bersama ayahnya Jamayun. Sehari - hari ke dua orang tuanya hanya bekerja sebagai buruh serabutan. bahkan kini tulang punggungnya telah terlihat bengkok, akibat terpaksa menggunakan tongkat.

"Ayah hanya seorang tukang upahan, ibu bekerja dengan orang membuat kerupuk," kata Ulva.

Sedangkan Sukri mempunyai 6 orang saudara kandung lainnya, kehidupan mereka juga begitu pas - pasan. Hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan masing - masing.

Untuk perawatan Sukri, yang sangat dibutuhkan adalah biaya pempers, karena di usianya yang telah 17 tahun belum bisa buang air besar sendiri, akibat sakit yang dideritanya. 

Selain itu, menurut Ulva, adiknya Sukri perlu diberi keterampilan dan permodalan, sehingga kalau ayah dan ibu telah tiada Sukri bisa mempunyai penghidupan sendiri.

Untuk biaya pengobatan, keluarga Sukri tidak bisa berbuat apa - apa. Mereka hanya bisa merawat Sukri seadanya. Jika pembaca merasa bisa membantu, Ulva bisa dihubungi via WA atau telepon ke nomor 085365207161. Atau dapat juga menghubungi redaksi ini via whatsapp di nomor 082387120624 . Juga dapat disalurkan melalui Lazismu, Kanla Lazismu Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Dengan konfirmasi Bantuan Untuk Sukri.

Penulis : Fadli Riansyah