Full Materi Dasar - Dasar Penjualan Online Oleh Fadli Riansyah

Fadli Riansyah merupakan owner Kopi Sago dengan merek SagoGreenCoffee & Roasted Coffee, lebih dekat dengannya bisa klik disini





Bismillahirrohmanirrohiim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Muqaddimah
- Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat, karunia dan hidayah karena dengan itu kita telah dapat berkumpul di ruangan ini, semoga senantiasa perjalanan kita diridhoi-Nya. Aamiin

- Seiring dengan itu shalawat dan salam tak bosan - bosannya kita do'akan kepada Allah, semoga senantiasa disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Suritauladan kita bersama, satu - satunya tokoh yang mampu memberi contoh dan menjadi contoh itu sendir. 

- Maka sebenarnya pada pemaparan materi kali ini, saya hanyalah orang awam yang diberi kesempatan oleh Rumah kreatif BUMN BNI Kabupaten Limapuluh Kota. Dan syukurnya, saya diberi nikmat kesempatan mengambil hikmah atau pengalaman selama lebih kurang 4 tahun usaha Kopi yang saya rintis berjalan.

- Sebenarnya saya belum layak menyampaikan materi ini, karena bapak / ibu hadirin semuanya, pasti juga telah memiliki ilmu - pengalaman dan kesempatan yang lebih dibandingkan saya yang baru berumur 27 tahun.

- Namun izinkan saya untuk sedikit berbagi, tentang trik menjual sebuah produk. 

- Sebenarnya antara penjualan online dan penjualan offline, tak bisa dipisahkan. Mereka saling berhubungan. Namun, masing - masing harus ditempuh karena memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu

Berikut kelebihan dari penjualan online

- Bisa menjangkau pasar yang tak terbatas
- Sebuah produk bisa lebih cepat dikenali 
- Menimbulkan rasa penasaran, ingin mencoba, ingin membeli dan akhirnya menjadi pelanggan tetap
- Bisa membangun sistem yang halalan thaiyibah dengan cara membuka Distributor, Agen dan Reseller
- Produk tertentu bisa dikampanyekan bersama - sama, secara masif
- Bisa memotong rantai tata niaga,  sehingga pembeli dimudahkan dengan harga, kwalitas dan kwantitas
- Tak perlu menyewa tempat dan bisa buka 24 jam
- Barang lebih mudah diakses, kebanyakan pembeli tahu dulu produk yang akan dibelinya, baru melakukan pembelian

Kelemahan menjual online

- Pembeli dibebankan oleh ongkir
- Penjual harus melakukan pengepakan lebih lanjut
- Rela mengorbankan waktu untuk melayani calon pembeli yang nyinyir dan PHP

SOLUSI nya adalah ;
- Memberikan keringanan, discount dan free ongkir
- Memberikan layanan bayar di tempat (COD)
- Melayani setiap pertanyaan pembeli, melayani konsultasi dan melakukan follow up lebih banyak dan lebih sering lagi
- Mengusahakan agar setiap calon pembeli, benar - benar membeli, meskipun produk lain. Artinya harus bisa membangun hubungan yang lebih akrab


Branding produk, sehingga layak dijual online
- Hendaklah brand atau merek produk dibangun berdasarkan visi atau mimpi. Misalnya merek kopi saya, Sago, itu berasal dari mimpi besar. Sebuah motivasi besar bahwa saya dan produk saya harus benar - benar bermanfaat bagi orang banyak. 
Kemudian visi lainnya, dari sebuah candaan "apa pun akan saya jual, termasuk Gunung Sago ini kalau ada yang mau membeli akan saya jual," artinya memberikan semangat.

Ilmu kekuatan modal 5 M
- Hendaklah kita, atau produk kita dilengkapi dengan kekuatan 5 M, yaitu
1. Manajemen
(Ada manajemen SDM dan SDA - dipelajari pada sesi lain)
2. Money
(Memiliki modal berupa uang, biar sedikit asal ada. Karena modal kita adalah 5 M ini)
3. Media
(Tempat kita melakukan promosi, jualan, kampanye) ada tambahan disesi berikutnya.
4. Massa 
(Sebuah usaha hendaklah memiliki kantong massa yang banyak, berupa teman, tim, komunitas, organisasi, pembeli, pelanggan, pesaing, dll semuanya kalau bisa menjadi masa yang loyal dan royal terhadap kita.
5. Milliter
(Keamanan. Selaku pelaku usaha, atau pun pribadi, kita harus memahami kemanan sebuah usaha kita. Ada SOP yang harus kita patuhi. Untung - untung usaha kita juga dibantu oleh milliter benaran dalam pengamanannya, aamiin.. hehehe

Teknik memainkan media sosial untuk menjual produk (fb / wa)
- Media sosial merupakan salah satu elemen kekuatan kita, dalam melakukan penjualan. Karena disana ada massa yang harus kita olah menjadi pasar.
- Pada sesi ini kita ambil saja 2 media sosial yang mudah untuk dijadikan wadah promosi, pertama facebook (fb) dan ke dua whatsapp (wa). 
- Fb merupakan media sosial sejuta umat, di Indonesia pada kurun waktu 2017 - 2020 telah ada 140 juta (140.000.000) orang pengguna aktif facebook. (Sedangkan Data jumlah penduduk 270 juta, lebih 50%)

- Sampai disini mari kita sama - sama berfikir berapa dari pengguna facebook yang akan kita jadikan pembeli, pelanggan atau agen, reseller bahkan distributor. 0,1 persen saja sudah 140 orang, 1 persennya 1.400 orang dan 10 persennya 1.400.000 orang ini tentunya angka yang fantastis!
- Banyak cara untuk melakukan penjualan di facebook, diantaranya status pribadi, story pribadi, grup jual beli, marketplace facebook, fanspage (halaman facebook), fb adsense dan lain - lain. 

- Sekilas yang paling gampang mendapatkan pelanggan adalah dari status pribadi di beranda fb, karena biasanya calon pembeli adalah teman - teman kita yang sudah saling kenal. Namun keterbatasan pertemanan yang hanya sampai 5.000 orang, membuat kita harus merangkul teman lainnya untuk jadi reseller atau agen dan distributor. Pada pemanfaatan status fb ini diharapkan kita telah mendapatkan 100 pembeli.

- Fanspage : Keterbatasan pertemanan di fb dapat kita tambah dengan membuat halaman, bonusnya jumlah halaman dalam 1 akun fb bisa tak terbatas, kita bisa membuat 10 hingga ratusan halaman. Selain itu, halaman juga bisa kita jadikan sebagai pustaka produk kita, atau hal - hal lain yang tidak berkaitan dengan pribadi kita.
- Marketplace : Merupakan fasilitas jual beli yang telah disediakan facebook
- fb adsense (fb ads) merupakan iklan berbayar di fb, dilakukan melalui fanspage / halaman yg telah kita buat terlebih dahulu.
- grup jual beli di fb, kita juga melakukan promosi di grup jual beli yang ada di fb

Catatan penting : Hard skill yang perlu dikuasai dalam jualan online adalah : teknik menulis konten promosi (copywriting). Foto produk yang layak dan bersaing. Sikap respon cepat melayani pelanggan.

Whatsapp (WA) hari ini juga telah menjadi sarana promosi yang sangat menjanjikan, untuk itu kita perlu memahami prinsip - prinsipnya
- Usahakan kita mengumpulkan database (nomor whatsapp) calon pelanggan, melakukan interaksi dan saling menyimpan nomor. Biasa nya ini didapat dari banyak cara, seperti dari hasil promosi di fb, juga dari grup - grup whatsapp dan dari penjualan produk penetrasi (produk kecil - kecil yang mendatangkan banyak pembeli)

- Lakukan promosi di WA Story, jangan spam di grup karena berpotensi dikeluarkan atau menimbulkan efek kebosanan dan kejenuhan. Apalagi sempat broadcast ke kontak - kontak, pelanggan akan muak dan bisa - bisa diblokir.

- Jalin terus komunikasi dengan pelanggan, dengan menanyakan kabarnya. Kekurangan produk kita dan ikut sedikit peduli dengan story mereka, komenlah sesekali.

- Usahakan memiliki HP atau laptop yang memiliki kapasitas yang cukup untuk menyimpan nomor whatsapp pelanggan. Hari ini, whatsapp juga telah bisa dikoneksikan dengan laptop untuk meringankan beban HP dan membantu pekerjaan jualan online.

Terus menghasilkan di online, dengan membina agen / reseller
- Dari pembeli, kita bisa sama - sama membantu dalam hal niaga secara bersama - sama. Hari ini banyak yang berminat jadi reseller, karena mereka tinggal jual tanpa memikirkan hal - hal produksi dan segala macam kendala dihulu lainnya (sistem, perizinan, tempat produksi, dll) Buatlah dan berikan paket - paket untuk menjadi reseller. Biasanya mereka akan tertarik jika mendapatkan untung 5 - 15 rb per produk. Dengan minimal order 10 - 20 pcs produk.

- Agar produsen bisa semakin fokus memproduksi dengan telah adanya reseller, maka carilah dari reseller itu yang mau menjadi agen. Agen lah nantinya yang menyediakan produk untuk reseller. Biasanya keuntungan yang diinginkan agen adalah 2 - 5 ribu rupiah, dengan minimal order 60 pcs produk. Artinya 1 agen dapat melayani 3 - 5 reseller pada 1 daerah, tanpa perlu menjual ke konsumen langsung.

- Kemudian jika produk - produk itu benar - benar dibutuhkan, diinginkan pasar dan butuh cepat, maka bukalah kesempatan menjadi Distributor. Kalau belum benar - benar dibutuhkan, jangan membuka distributor karena akan memperkecil keuntungan produsen. Untuk bisa melayani 3 - 4 agen, maka distributor hendaklah membeli 200 pcs produk. Dengan estimasi keuntungan 1 - 2 rb rupiah per pcs

- Sebagai produsen atau bussines owner, kita berkewajiban memberikan fasilitas pendukung untuk jualan. Seperti, kartu nama, brosur, spanduk, website dan lain - lain.

- Bisnis Owner juga harus disiplin dan konsisten pada distributor, agen atau reseller. Biasanya, dengan distributor kita harus membuat MoU, karena bisa jadi pada 1 provinsi Agen harus membeli kepadany. Begitu juga dengan agen, bisa jadi pada 1 Kota / Kabupaten reseller harus membeli kepadanya. Sedangkan jaminan untuk produsen adalah, kepastian jangka waktu pembelian / kerjasama.

Memahami jatuh, bangkit dalam penjualan online
- Menjalankan sebuah usaha, artinya kita sedang melanjutkan sekolah atau kuliah. Karena kenyataan dilapangan tidak semudah dan tidak sama persis dengan yang disampaikan oleh pemateri seminar.

- Butuh biaya untuk sekolah, kuliah dan belajar. Jatuh dan gagal adalah hal biasa, karena semua pasti ada hikmahnya

- Jatuh dalam menjalankan bisnis biasanya terjadi karena, manajemen keuangan yang belum dipahami betul, tidak jelasnya arus kas, cashflow, omset dan profit oleh pelaku UMKM.

- Ditipu atau dikhianati mitra atau tim, berhati - hati dalam bekerjasama dan pandai - pandailah membaca watak manusia.

- Keinginan untuk keluar dari zona nyaman, hal ini juga merupakan salah satu penyebab kegagalan, karena keluar dari zona nyaman artinya kita memecah fokus. Jadi tetaplah berada dizona nyaman, seperti tagline BMW sekarang.

- Milikilah jiwa wirausahawan, yang terus berusaha mewujudkan visi. Sehingga misinya berjalan, apabila jatuh bangkit lagi. Kota Roma dibangun tidak dalam 1 malam, tapi tidak juga satu jalan menuju kota Roma.

- Bersenang - senanglah, nikmati karir sebagai wirausaha. Jangan sampai jenuh atau bosan, karena jika jenuh kita jatuh. 

- Maka alokasikan anggaran untuk menghindari kita dari titik jenuh,

Prinsip sederhana agribisnis dalam jualan online

- Agribisnis merupakan ilmu pengetahuan tentang menjual produk - produk hasil pertanian.

- Secara ringkas, tujuan dari Agribisnis adalah menjual produk hasil pertanian dengan memberi nilai tambah

- Dengan melakukan pengolahan lebih lanjut dan memberi sentuhan kemasan yang menarik

- Agribisnis hendak juga memahami pentingnya menaikkan harga suatu komoditas pertanian, dengan memproduksi sesuai standar yang layak.

- Dan Agribisnis harus bisa menciptakan pasar sendiri, jangan mengikuti pasaran. Karena tentunya produk Agribisnis memiliki keunikan, kelebihan atau pun kekurangan dari pasar yang telah ada.

Sekian
Wassalam
Fadli Riansyah Putra