Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh Adakan Lomba Menulis Cerita Rakyat dengan Menerapkan Protokol yang Ketat



Payakumbuh, SAGONEWS.COM - Tahun ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh adakan Lomba Menulis Cerita Rakyat untuk tingkat umum dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Teknis lomba ini hanya menempatkan tiga atau empat peserta di dalam satu ruangan. Dan acara ini tidak ditonton oleh umum. Hanya peserta dan panitia pelaksana acara saja di lokasi. 

Lomba menulis cerita dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Iyut Fitra (penyair dan penulis cerita rakyat), Feni Efendi (penyair dan penulis memori kolektif) , dan Prima Yanuarita, SH, MSi (kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh). Kriteria lomba ini terdiri dari tema, keaslian cerita, pesan moral dalam cerita, keruntutan cerita, dan penggunaan bahasa (PUEBI). 

Pemenang lomba ini diraih oleh nomor lot peserta 03 (juara 1), 04 (juara 2), 13 (juara 3), 01 (harapan 1), 09 (harapan 2), 07 (harapan 3). Dan penyerahan hadiah juara diserahkan oleh Wakil Walikota, Erwin Yunaz, SE, sedangkan juara kedua diserahkan oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Prima Yanuarita, SH, Msi, dan untuk juara ketiga oleh salah seorang juri, Feni Efendi.

Hasil karya peserta lomba ini akan dibukukan oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh. Namun, tentu dengan perbaikan seperlunya sebelum dicetak, kata dewan juri, Iyut Fitra. Dan pada lomba kesempatan ini, Wakil Walikota, Erwin Yunaz, S.E, mengapresiasi baik peserta lomba dan juga inisiatif lomba dari kadis. 

Selain itu, beliau juga menyampaikan pada bulan Agustus mendatang Kota Payakumbuh akan dinobatkan menjadi Kota Rendang oleh Gubernur Sumatera Barat. Dan oleh sebab itu, Wakil Walikota, Erwin Yunaz, S.E, berharap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh dapat kembali menjadi fasilitator dalam rencana lomba menulis artikel Payakumbuh Kota Rendang.

 "Semua itu untuk meningkatkan literasi tentang rendang kepada generasi milineal saat ini," kata Wakil Walikota, Erwin Yunaz, S.E di aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di samping Kantor DPRD Payakumbuh itu pada hari Selasa kemarin, 25 Mei 2021. (Rel)