HUT Sakato Bike ke 2, Ribuan Goweser Jelajahi Alam Bukit Palano



Limapuluh Kota, Sagonews.com ~
Setelah Sukses menggelar Jejalah Alam Bukit Palano pertama di tahun 2020 silam, kembali Sakato Bike menggelar Fun Adventure, dengan 
sebutan Jelajah Alam Bukit Palano (JABP) 2 dalam rangka memperingati hari jadi komunitas sepeda papan atas itu, di kawasan Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota, mengundang decak kagum penggemar olahraga bersepeda.

Gelar acara yang berlangsung, Minggu (5/12), itu diikuti peserta Funbike buat pesepada kaum hawa, kalangan pelajar dan remaja. Melibatkan lebih kurang seribu orang. Sedangkan, fun adventure, diikuti pesepeda yang suka tantangan ekstrim, karena harus melewati medan mendaki, menurun yang cukup terjal. Adu nyali para goweser sesumatera ini sepanjang 35 Km.

"Saya sangat menikmati iven fun adventure Sakato Bike Limapuluh Kota ini, ucap Efendi Nauli, peserta dari muara Bulian jambi ini. Nada yang sama, juga dilontarkan Ayen Siftin dari Dumai Riau. Tidak hanya tantangan, kita juga disuguhi pemandangan yang indah. Maha besar Allah yang menciptakan bumi alam Bukit Palano ini," sebut Ayen.

Pendiri Sakato Bike Limapuluh Kota, Prima Myfirstson, S.Pd yang juga Penggagas JABP, nyaris tak percaya, helat  dalam rangkaian HUT 2 Sakato Bike itu, bakal meledak peserta. Tak hanya itu, para sponsor pun cukup bajibun memberikan donasi berbentuk hadiah door prize, katanya.

"Dukungan yang mengalir cukup deras dari berbagai elemen ini, membuat saya dan Kawan kawan Sakato bike lebih percaya diri menggelar iven yang sama di setiap tahun," kata Prima, yang juga Wakil Ketua Bamus di nagari sungai antuan kecamatan mungka tersebut.

Momentum JABP tahun ini, juga dilakukan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat yang lemah akibat covid 19, kegiatan ini merupakan era kebangkitan semangat pemuda dari Luak Limopuluah, khususnya di Kecamatan mungka. Sebagai generasi muda, kita ingin berkontribusi buat daerah dan nagari, ucap Prima yang merupakan MC yang cukup ternama diranah Minang ini.

Tampak hadir dalam dalam acara itu Bupati Lima puluh kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo yang melepas secara resmi, Ketua DPRD Deni Asra yang juga pembina Sakato bike , anggota DPRD Yos Sariadi, pimpinan BUMN/BUMD seperti BRI, BNI, bank nagari, serta sejumlah sponsor lainnya. Total hadiah yang disebar kepada peserta sebanyak 150 unit, dengan total nilai Rp50 juta. 

Saat undian buat seluruh peserta, di antara yang beruntung dalam iven tersebut, adalah Kas dari komunitas sepeda salingka Singkarak kab.Solok, Ernanto dari komunitas CSS kota Padang, masing-masing beruntung mendapatkan hadiah berupa sepeda Gunung senilai Rp10 juta yang bersumber dari Ketua DPRD Limapuluh kota, Deni Asra.

Kemudian, 3 Lemari Es tersedia, satu di antaranya juga jatuh kepada Irfan ASN kantor Wilayah Kementerian agama provinsi Sumbar, sisanya diboyong IGo dari Pincuran tujuh bike, dan Fika pesepeda asal Kerinci Jambi, goweser Kabupaten Siak, dan Indragiri Hulu. Sementara itu, 7 hadiah sepeda lainnya diraih Goweser-goweser dari komunitas sepeda Koto nan Gadang Payakumbuh Utara, komunitas sepeda kota Padang, Padang panjang, dan Muaro Bungo Jambi.