Mampu Obati Kesedakan, RM Saf Spesifik Ikan Bakar

RM Mamak Saf yang baru berada di sebelum pakan rabaa, dekat baliho Riski Kurniawan Nakasri (RKN) sebelah kiri

Limapuluh Kota, SagoNews.com - Berpuluh - puluh tahun mamak Saf telah  melayani pelanggannya, sebelumnya Ia buka di Koto, Nagari Simalanggang. Pelayanannya begitu ramah, cepat akrab dengan pelanggan. Konsep rumah makannya sederhana dan terbuka (full AC alami). Jadi makan disini jangan khawatir badan akan mandi peluh, hanya hangat - hangat sedikit sebagai tanda pembakaran kalori.

Rumah makan mamak Saf terletak di Nagari Koto Tangah Simalanggang, sebelum pakan rabaa, sebelah kiri dari Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota. Spesifiknya Ikan bakar, dihidangkan dengan sambalado mudo, sayur timun dan kalio daging.

Mamak Saf juga pandai mengobati kesedakan tulang ikan, katanya "mando'akan saja Ambo yang pandai nyo, maubek tetap yang kuaso," sambil tersenyum dan berlalu mengambil setengah cangkir air putih. Dikiranya saya bertanya mau minta bantuan pengobatan darinya. 

Ikhlas menolong, begitu rasa yang sampai saat saya bertanya apakah betul mamak bisa mengobati kesedakan tulang ikan?

Mamak Saf begitu bersahaja, pelanggannya bermobil - mobil mewah dan ada juga orang - orang ke sawah. Semuanya dilayani dengan sama, penuh keakraban. Bagi mamak Saf, semua pelanggan adalah sama. Harga makan disini juga masih murah.

Tadi saya makan satu porsi nasi, lauknya ikan bakar dan kalio daging tambah sambalado hijau. Sisa lauk saya bungkus untuk dibawa pulang, bayarnya  cuma 33 ribu rupiah. Berarti jika makan sendiri hanya 17 ribu rupiah. Lumayan murah dengan hidangan yang lengkap seperti itu.

Tulisan ini bukan untuk mengundang pembaca makan disini, karena pelanggan mamak Saf sudah sesak dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB , seratusan porsi telah habis. Hanya ingin memberitahu jika butuh bantuan mamak Saf, datanglah kesini. Jangan ragu dan sungkan.

Bagi mamak Saf, setiap yang datang adalah makhluk ciptaan Tuhan, harus diperlakukan dengan sama. Mamak Saf berjualan dengan penuh ma'rifatullah, kata pelanggan yang makan di samping meja saya. Sekian. (frp)