RKN 15 Persen, Irfendi Arbi 16 Persen Hasil Survei Elektabilitas Kandidat Bupati 50 Kota

Relis hasil survei Sumatra Barat Leadership Forum (SBLF) margin eror 3,1 persen


Limapuluh Kota, SagoNews.com -  Sejumlah lembaga survei sudah merilis hasil surveinya, mengingat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah semakin dekat. Salah satunya dari survei elektabilitas kandidat Bupati Limapuluh Kota yang dilakukan Sumatera Barat Leadership Forum (SBLF) Research and Consultant menyatakan, petahana Irfendi Arbi masih unggul disusul kandidat Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN).

"Irfendi Arbi masih teratas dengan persentase elektabilitas 16,27 persen, RKN 15,02 persen, Darman Sahladi 14,64 persen, dan disusul oleh kandidat-kandidat lainnya," ujar Direktur SBLF, Edo Andrefson kepada wartawan, Kamis (12/3).

Edo menyampaikan, survei elektabilitas  tersebut dilakukan pada 5-10 Maret 2020, dengan metode survei tatap muka, dan multistage random sampling.

"Respondennya adalah penduduk yang sudah memiliki hak pilih yakni telah berusia 17 tahun dan atau sudah menikah. Level signifikansinya adalah 95 persen dengan margin of error 3,1 persen," tutur Edo yang reputasinya sudah teruji mulai dari survei Pilkada Payakumbuh, Padang, hingga Pileg 2019 lalu.

Sementara itu, kandidat Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) menyambut baik hasil elektabilitas oleh SBLF tersebut. "Alhamdulillah sosialisasi gencar yang kami lakukan beberapa bulan terlahir terus membuahkan hasil," ucapnya.

Untuk langkah politik ke depan, putra Harau tersebut sudah bertekad bakal maju lewat jalur partai politik. "Insya Allah maju lewat partai. Sampai saat ini komunikasi dan lobi terus kami lakukan dengan sejumlah partai politik. Semoga dalam waktu dekat sudah nampak hasilnya," katanya. (frp/rel)