Akses Masuk Kota Payakumbuh Melalui Kelurahan Talang Ditutup


SagoNews.com - Tiga kelurahan di Payakumbuh Barat telah melaksanakan forum komunikasi, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Kota Payakumbuh, yaitu Kelurahan Talang, Koto Tangah dan Payolansek masing-masing dihadiri oleh kepala kelurahan dan LPM masing-masing kelurahan.

Ketiga kelurahan sepakat akses masuk kota Payakumbuh melalui kelurahan Talang ditutup. Hal ini mengingat kelurahan Talang dilalui oleh jalan by pass yang merupakan jalan alternatif selama covid 19 di Kota Payakumbuh. Volume kendaraan akan semakin meningkat dan kontak pengendara dengan warga akan semakin meningkat.

Dalam forum komunikasi ini, selain kesepakatan penutupan akses jalan di simpang empat by pass Talang. Sosialisasi kepada masyarakat juga menjadi poin penting. Masyarakat banyak yang belum paham bagaimana protokol pencegahan covid 19. Ini menjadi tugas dari relawan satgas covid 19 masing-masing kelurahan.  

Pencerdasan kepada masyarakat adalah hal yang sangat penting, ketika masyarakat memahami physical distancing, cuci tangan sebelum melakukan aktivitas maka ini sudah menjadi modal awal dalam pencegahan covid 19. Ini menjadi tugas setiap elemen masyarakat untuk saling mengingatkan satu sama lain. 

"Dengan adanya pembatasan yang kita lakukan hari ini, diharapkan kontak dengan pengendara yang berasal dari luar daerah berkurang dengan masyarakat kita di Payakumbuh, khusus nya Talang, Koto Tangah, Payolansek dan sekitarnya. Pembatasan yang maksimal semoga bisa menghasilkan hasil yang maksimal juga untuk pencegahan covid 19 di daerah kita ini" ujar Riko Eka Putra selaku Lurah Kel. Talang. 

Penutupan akses jalan ini akan terus dilakukan sampai kondisi membaik dan covid 19 bisa berkurang dari Payakumbuh. (Fikri)