Gula Semut Gusereen Membesar Disaat Krisis Covid 19



SagoNews.com - Gusereen (Gula semut aren) adalah pemanis alami yang terbuat dari air aren murni. Atau disebut juga dengan pemanis yang mengandung kadar gula rendah, dibandingkan dengan gula putih atau sering disebut Low IG  sehingga sangat aman utuk penderita diabetes. 

Gusereen digagas oleh Penumbuhan Wirausaha Muda Petanian (PWMP). Namanya NONILUDO GROUP, merupakan usaha yang dibentuk oleh alumni Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang diperkarsai oleh Nova Nuzulia dengan tiga orang temannya yakni, Marni Yunita, Lusi Rahmadani dan Aldo Gardova.

Lokasi produksi untuk gusereen ini adalah di Jorong Talaweh Nagari Labuah Gunuang Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Pemasaran gusereen dilakukan dengan cara langsung (direct selling) yaitu menawarkan gusereen secara langsung kepada calon konsumen. selain itu pemasaran secara langsung juga dilakukan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan pameran yang diadakan di sekitar Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. 

Tidak hanya pemasaran secara langsung gusereen juga dipasarkan secara online, terlebih Gusereen belum punya toko offline jadi persentase penjualan masih didominasi oleh pemasaran secara online. Baik itu untuk penjualan dalam ataupun luar kota sebagian besar merupakan penjualan secara online karena ini lebih mudah dan praktis . selain itu kapasitas konsumen yang mampu dijangkau dari penjualan online juga jauh lebih besar dibandingkan dengan penjualan offline.

Apalagi semenjak himbaun Pemerintah untuk Stay at home akibat wabah Covid 19, permintaan Delivery order gusereen lebih meningkat dibandingkan dengan bulan – bulan sebelumnya. Walaupun untuk jadwal kegiatan-kegiatan pameran dan bazar sudah di cancel semua dalam beberapa bulan kedepan, kita tidak boleh kehilangan akal. Cara nya yaitu lebih meng optimumkan promosi di media sosial. 

Untuk perizinan Gusereen sudah diurus dan sekarang lagi nunggu izin Pangan Industri Rumah tangga (PIRT) keluar.

Kendala yang dihadapi Gusereen adalah kekurangan fasilitas produksi, masih butuh beberapa peralatan untuk menghasilkan gusereen dengan kualitas yang bagus salah satunya mesin penghalus. 

"Kalau dalam kegiatan pemasaran sih rasa nya gak ada masalah karena memang kita merupakan produk baru jadi memang harus promosi jor –jor an dulu biar dikenal pasar," kata Nova.

Bagaimana respon masyarakat/pasar?
Sejauh ini respon pasar cukup bagus terhadap gusereen. Buktinya kita baru jalan sekitar 6 bulanan tetapi sudah cukup banyak yang menegenal gusereen.

Kenapa harus gusereen?

Kita merekomendasikan gusereen karena gusereen ini murni terbuat dari air aren. Gusereen diproduksi tanpa campuran apapun. Selain itu gusereen juga sudah melalui proses peng ovenan sehingga kandungan kadar airnya jauh lebih rendah.

Kepada siapa saja gusereen berterimaksih?

Kepada orang tua yang selalu mendukung keputusan NONILUDO GROUP
Kepada kampus tercinta Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang telah mewadahi terbentuknya NONILUDO GROUP
Kepada Kementrian Pertanian yang dengan program penumbuhan wirausaha muda pertanian (PWMP ) nya telah mampu membantu kami mewujudkan mimpi jadi pengusaha muda pertanian. 

Kepada grup TDA Paliko, Forum UMKM 50 KOTA, MPC, OK OCE PEPES SUMBAR yang sangat membantu baik itu dalam pemasaran gusereen ataupun ilmu-ilmu berharga yang sering di shar. 

Harapan kedepannya ?

Mudah-mudahan untuk kedepannya gusereen makin dikenal banyak orang dan akan ada produk-produk inovasi lain dari NONILUDO GROUP. Sehingga cita-cita kita sebagai job creator benar-benar terwujud.

Laporan : Nova Yuliza