Penjualan Kopi Sago Meningkat Disaat Krisis Covid 19


SagoNews.com - Kondisi negara yang terimbas wabah virus corona (covid 19) memberikan keuntungan sendiri bagi Fadli Riansyah Putra, pemilik usaha kopi dengan merek Sago. Produksinya ada 2 macam, yaitu Sago Green Coffee dan Sago Roasted Coffee.

Sago Green Coffee merupakan produk herbal, kegunaannya untuk menurunkan berat badan, sebagai antioksidan dan menahan rasa lapar. Tahun 2017 lalu, kopi Sago sudah menembus pasar internasional, terlihat di berbagai media nasional, salah satunya harian Haluan, pernah menerbitkan berita Kopi Sago di halaman pertama. Judulnya : Kopi Sago Nikmatnya Menjelajahi Dunia.

Namun menurut Fadli Riansyah, kondisi penjualannya menurun ditahun 2019 hingga 60%, ekspor berhenti, reseller mandek dan hanya tersisa beberapa agen yang aktif berjualan. "Tahun 2017 omsetnya menembus 12juta hingga 20juta per bulan, namun pada tahun 2018 hingga akhir 2019 anjlok hingga tersisa 4 - 5juta saja," kata Fadli.

Awal tahun 2020 Fadli memperjuangkan produknya dengan cara menemui agen - agen yang masih aktif, meriview kembali produknya dan menemui tokoh - tokoh sentra di Kabupaten Limapuluh Kota. Termasuk Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Anggota DPRD, Kepala - kepala dinas dan ASN lainnya. Termasuk tokoh - tokoh organisasi, mentor - mentor bisnis, hingga ke lembaga Baznas untuk mencari bantuan jaringan dan permodalan.

Sebenarnya Fadli kembali menempuh jalan lama, pada tahun 2017 lalu ia memanfaatkan jaringan organisasi dan pergaulannya untuk membangun usaha. Hanya saja, pada tahun 2020 ada sedikit pola yang dirubah, seperti ada beberapa produk yang dititipkan ke beberapa tempat oleh - oleh.

Namun selama 3 bulan,  Januari hingga Maret Fadli menikmati masa kebangkitannya, badai corona datang dan artinya pola produksi harus dirubah dengan mempertahankan pasar online. Fadli mengambil inisiatif untuk menjual produk Sago Roasted Coffee nya langsung dengan alat seduh, seperti vietnam drip. Sehingga pecandu kopi bisa menikmati ngafe di rumah saja.

Sedangkan untuk Sago Green Coffee malahan Fadli mendapatkan hikmah, reseller - reseller yang dulu mandek, malas jualan dan memilih berpindah ke produk lain. Sekarang sudah banya yang kembali, barangkali mereka sadar ada produk dalam negeri yang bisa dijual dan saling menguntungkan, "Alhamdulillah"...

Ditambah lagi banyaknya konsumen yang mau menjadi reseller, karena merasakan mafaat Sago Green Coffee. Malam tadi (10/4/2020) Fadli melalui Agennya Zoni Andriadi mendapatkan testimoni dari seorang konsumen, ia mengakui BB nya turun 2,5 Kg dalam 2 minggu.

Sebelumnya Fadli telah menulis tentang Ekspansi Bisnis dimasa krisis disini Sedikit tips untuk UMKM dimasa krisis covid19


Laporan : Fadli Riansyah