Ulat Bermata Satu, Membuka Pengetahuan Baru


Antara Nympha, Larva, Ulat dan kupu - kupu, foto : Samsurijal


SagoNews.com - Siapa yang berani memberi nama kepada hewan yang belum diketahui namanya, bentuknya sekilas mirip keong panjang, namun ternyata hewan itu lunak dan tidak beracun.


Makanannya dedaunan lembut, seperti rumput dan daun padi, hidupnya di daerah tropis dan areal pertanian. Menurut kontributor Sagonews.com Samsurijal di Jorong Mawar II, Nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, hewan itu adalah ulat yang akan menjadi kupu - kupu raksasa.

Senada dengan itu, jika ditinjau rujukan di Wikipedia, ulat difoto tersebut sudah masuk ke dalam larva, artinya merupakan bentuk muda (juvenile) dari hewan yang perkembangannya melalui metamorfosis, bentuk larva dapat sangat berbeda dengan bentuk dewasanya.

Begitu juga dengan organ tubuhnya, akan ada perbedaan saat menjadi larva dan saat dewasa (kupu - kupu). Larva umumnya memiliki organ khusus yang iatak terdapat pada bentuk dewasa dan juga tidak memiliki organ tertentu yang dimiliki pada bentuk dewasa. Suatu tahapan hidup disebut larva apabila dalam bentuk itu memiliki aktivitas yang tinggi (khususnya dalam bergerak dan mencari makanan).

Secara luas menurut Wikipedia kelompok hewan yang memiliki tahap larva cukup luas, mencakup serangga, berbagai Porifera, ubur - ubur, kerabatnya dan amfibia. Beberapa ikan yang baru menetas dari telurnya juga disebut sebagai larva.

Tidak semua serangga memiliki bentuk yang disebut larva, karena hanya mereka yang menempuh jalur metamorfosis penuh (holometabola) yang memiliki bentuk larva. 

Serangga yang hanya menjalani metamorfosis tidak penuh (hemimetabola) bentuk mudanya disebut nimfa (nympha). (Red)

Lebih lengkapnya :