9 Orang Positif Corona di Payakumbuh, Warga Diminta Lebih Kooperatif


SagoNews.com - Tim gugus tugas covid-19 Kota Payakumbuh sudah bekerja dengan optimal demi mencegah, penyebaran corona virus disease (covid-19). Namun jumlah terkonfirmasi positif hari ini kembali bertambah, sebanyak 3 orang akibat terpapar dari pasien positif sebelumnya, menjadi korban.

Kendati angka positif Covid-19 di Payakumbuh dari hari ke hari terus naik, Pemko terus mengajak dan mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap displin dalam menerapkan upaya-upaya pencegahan virus.

Selanjutnya dengan tidak bosan bosannya kembali Pemko mengimbau kepada warga yang pernah memiliki catatan kontak dengan para pasien positif Corona, agar segera melaporkan diri untuk dilakukan pemeriksaan.

Menurut Wakil walikota Payakumbuh Erwin Yunaz penyakit corona bukanlah suatu aib. Namun sebuah penyakit yang harus segera ditangani demi mencegah terjadinya penularan kepada orang lain.

Dikatakan, bagi warga yang berani jujur dan melaporkan diri pernah memiliki cacatan riwayat dengan para pasien yang diketahui positif corona kepada petugas Gugus Covid 19 adalah seorang pahlawan kesehatan dikarenakan dia telah menyelamatkan dirinya serta menyelamatkan diri orang lain, paparnya.

Adapun 3 orang warga Payakumbuh yang dinyatakan positif itu, berinisial E (62) pedagang, merupakan warga Kecamatan Payakumbuh Barat, diumumkan pukul 12.00 oleh dr. Bakhrizal yang juga didampingi Asisten III, Amriul dt. Karayiang, Kalaksa BPBD, Yufnanyi Away, Kadis Kominfo, Jon Kennedy, Kepala Kesbangpol, Budhy Permana, Selasa (5/5/2020).

Berselang 3 jam setelah itu, Pemko Payakumbuh melalui Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, Kadinkes Bakhrizal kembali mengadakan video conference bersama awak media, diumumkan lagi 2 orang yang positif, menurutnya klaster baru positif terkait penyebaran pandemi Corona di Kota Payakumbuh.

2 orang warga dari hasil tes Swab yang baru saja keluar hari ini, Selasa 5 Mai 2020 siang, diketahui positif terpapar corona dari kontak fisik dengan pasien inisial E (52) warga Padang Tangah Padang Tinggi, Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, yang terlebih dahulu positif Covid 19 beberapa hari yang lalu.

Adapun kedua orang warga tersebut masing masing dengan inisial D (62) laki laki dan FR (19) perempuan, keduanya merupakan suami serta anak dari E. Inisial diketahui berprofesi sebagai pedagang Plastik serta memiliki beberapa toko di Kawasan Payakumbuh.

Sementara kondisi 2 orang pasien yang diketahui positif saat ini merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan dalam kondisi segar bugar.

Terhitung hingga saat ini diketahui positif corona di Payakumbuh pada Selasa 5 Mai 2020 sudah tercatat 9 orang. (Tim)