Seorang ABK Warga Limapuluh Kota Positif Corona

Foto Ilustrasi Covid-19


SagoNews.com - Beredar pesan disejumlah grup whatsapp bahwa seorang warga Kabupaten Limapuluh Kota positif covid-19, berinisial RA (41) alamat KTP Guguak, Nagari Guguak VIII Koto, seorang Anak Buah Kapal (ABK) Mentawai, Sumbar. Dalam pesan yang beredar itu yang bersangkutan juga pernah ke toko sepatu di Koto Nan Ampek, Payakumbuh saat malam takbiran, Sabtu (23/05).

Berdasarkan hasil update informasi terakhir Sabtu (30/5), tim gugus tugas menjelaskan, hal itu diketahui dari hasil pengambilan sampel SWAB yang dilakukan di Kota Padang oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Warga yang sebelumnya berstatus ODP tersebut, diduga terpapar di tempat kerja.

Saat ini RA telah dikarantina di Balai Diklat Koperasi Padang. Diketahui, RA sempat pulang kampung saat lebaran Idul Fitri. Dinkes sedang melakukan penelusuran kontak erat warga positif tersebut di Limapuluh Kota.

Dijelaskan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Limapuluh Kota, Fery Chofa dalam keterangan persnya.

"Berdasarkan hasil update informasi terakhir, hingga Sabtu (30/5) sore, secara kumulatif, sudah sebelas orang warga Limapuluh Kota yang terkonfirmasi positif Covid-19."

Fery Chofa juga mengatakan, hingga hari ini, ada tambahan dua orang pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh. Warga yang dinyatakan sembuh tersebut, Y dan M warga Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru.

“Y saat ini sudah dibawa pulang dan M direncanakan besok pagi akan menyusul. Sehingga tercatat sudah Tujuh orang warga dari Sebelas orang yang sebelumnya dinyatakan positif, telah sembuh,”sambung Fery Chofa.

Tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota juga menyampaikan, berdasarkan laporan hasil pemeriksaan sampel SWAB tertanggal 30 Mei 2020, sebanyak 30 sampel SWAB yang dikirim oleh Dinkes Kabupaten Limapuluh Kota, semuanya dinyatakan Negatif berdasarkan hasil Laboratorium FK Unand Padang.

“Tetap disiplin mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku dalam masa PSBB Tahap III ini. Dirumah saja, jaga jarak, pakai masker, serta hidup sehat dan sering cuci tangan. Mari kita semua berdoa semoga wabah Pandemik Global Covid-19 ini segera berakhir, Aamiin,” pungkas Fery Chofa. (Red)