Ns. Risa Perawat Baik Berpulang Ditengah Pengabdian


SagoNews.com - Selasa (16/6) tepat pukul 12.40, menjadi hari berduka bagi keluarga besar Ilmu Keperawatan Universitas Andalas, pasalnya salah seorang alumni terbaik Ns. Risa Afrina, S.Kep. gugur dalam perjuangan memberikan pelayanan terbaik untuk pasien Covid 19 di Rumah Sakit Semen Padang. Alhmarhumah yang akrab disapa Risa itu, baru 3 hari bekerja dan baru hari pertama memberikan asuhan keperawatan kepada pasien, setelah dua hari sebelum nya melewati pembekalan dari rumah sakit. Namun apa dikata, Tuhan lebih sayang Risa.

Ditengah berita duka yang melanda, banyak beredar berita hoax tentang almarhumah. Ada yang menyebutkan almarhumah meninggal karena covid 19. Ini tidak benar, ini dibantah langsung oleh pihak Semen Padang Hospital melalui website resminya semenpadanghospital.co.id . Ada juga yang menyampaikan risa meninggal karena memiliki riwayat asma. Berita ini juga tidak benar, hal ini dibantah langsung oleh pihak keluarga bahwa tidak benar Risa memiliki riwayat asma. 

Soal kabar pernikahannya, (Alm) Ns. Risa memang berencana untuk menikah, tapi bukan dalam waktu dua Minggu setelah kepergian beliau. Berita yang beredar tidaklah benar, klarifikasi dari pihak keluarga mengatakan "memang ada rencana Risa akan menikah, akan tetapi itu baru pertemuan keluarga kecil saja. Belum berlanjut ke niniak mamak dikarenakan Covid 19 ini. Risa juga baru bekerja di Semen Padang Hospital. Jadi tidak mungkin pernikahan dilangsungkan dalam waktu dua minggu ini. Kami dari pihak keluarga meminta kepada media, jangan menyebarkan berita yang tidak sesuai dengan kebenaran nya. Kasihan almarhumah, apalagi keluarga yang membaca". 

Informasi yang kami dapatkan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya melalui komunikasi dengan pihak keluarga. Ns. Risa selama menempuh pendidikan di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas dikenal baik oleh sahabat dan civitas akademika. Semua merasa kehilangan dan berduka. Selamat jalan sahabat kami, selamat jalan saudara kami. Orang baik selalu disayang Tuhan. Gugur ditengah pengabdian akan dibalas syurga oleh Tuhan. Insyaallah syahid untuk mu sahabat. Selamat jalan Ns. Risa Afrina, S.Kep. Hormat dan doa kami selalu untukmu. (Fikri)