Menyambut Ramadhan 1442 H, Kantor Layanan Lazismu Madani Islamic School Payakumbuh Luncurkan Program Jemput Zakat



Bulan Ramadhan 1442 H pada tahun 2021 ini sudah menunggu hari, tidak lama lagi insya Allah kita akan memasuki bulan Ramadhan. Salah satu kebiasaan ummat Islam khususnya para Muzakki (orang menunaikan zakat) menghitung kekayaannya pada bulan Ramadhan dan menunaikan zakatnya dibulan Ramadhan. Zakat merupakan kewajiban setiap muslim yang memiliki harta apabila sudah mencapai nisab atau batas dikeluarkannya zakat.

Kewajiban menunaikan zakat datang dari Allah dan Rasul-Nya, dalam Alquran setidaknya dijelaskan sebanyak 32 kali perintah berzakat dan seringkali disandingkan dengan perintah shalat, seperti dalam surat An-Nur ayat 56 :
وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat. 

Selain sebagai kewajiban dan ibadah, zakat merupakan pilar ukhuwah dalam menghubungkan sesama ummat terutama antara orang kaya dengan yang kurang mampu, apalagi hampir 2 tahun ini kita dilanda oleh pandemic virus covid-19.
 
Maka, untuk memudahkan para Muzakki dalam menunaikan zakatnya, Kantor Layanan Lazismu Madani Islamic School Payakumbuh membuka beberapa bentuk layanan zakat, diantaranya dapat dibayarkan dibagian keuangan:
1. TKIT Madani Islamic School Payakumbuh yang beralamat di Jln. Cempaka 68 Kelurahan Payolansek Kecamatan Payakumbuh Barat.
2. SDIT Madani Islamic School dan SMPIT Madani Islamic School yang beralamat di Jln. Raflesia Kel. Koto Tangah Payakumbuh Barat
3. SDIT Madani Islamic School 2 Payakumbuh yang beralamat Jln. Soekarno-Hatta Kel. Bulakan Balai Kandi Kec. Payakumbuh Barat

Selain datang lansung  ke komplek Perguruan Madani Islamic School Payakumbuh, para Muzakki dapat juga menunaikan zakat melalui transfer rekening :
1. Bank Syariah Mandiri 7093665311
2. Bank Muamalat 4230016709.
Atas nama Kantor Layanan Lazismu Madani dengan konfirmasi Transfer melalui HP/WA 085374353668

Untuk memudahkan para Muzakki menunaikan zakatnya, sekarang Lazismu Madani meluncurkan program jemput Zakat, Muzakki cukup telepon atau WA nomor 082268923438 maka tim akan datang menjemput ke alamat muzakki. Diharapkan dengan adanya Program Jemput Zakat ini, kaum Muslimin yang sudah diwajibkan berzakat lebih mudah dan terbantu dalam menunaikan ibadah. 

Untuk diketahui, Kantor Layanan Lazismu Madani Islamic School Payakumbuh, merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang berada di bawah binaan Yayasan Garis Pena Kota Payakumbuh dengan mitra utama Perguruan Madani Islamic School yang menaungi Lembaga Pendidikan TK, SD dan SMP IT Madani Islamic School Payakumbuh.
Pada tahun 2020 KL Lazismu Madani telah menyalurkan Beasiswa Pendidikan untuk siswa Dhuafa sebanyak 2 kali, yaitu pada bulan Juni 2020 sebanyak Rp. 9.336.000 untuk 12 orang siswa dan pada Desember 2020 sebanyak Rp. 19.520.000 untuk 27 orang siswa yang terdiri dari 5 orang siswa TK, 19 orang siswa SD dan 3 orang siswa SMP. Insya Allah untuk akhir tahun pelajaran 2020/2021 KL Lazismu Madani akan menyalurkan Beasiswa pendidikan pada bulan Juni 2021 ini. Semoga Infak, dan sedekah dapat terkumpul lebih banyak lagi sehingga siswa yang terbantu juga akan lebih banyak jumlahnya.