Langkah Pengabdian Desembri Chaniago Untuk KONI 50 Kota



Limapuluh Kota, SagoNews.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota sedang menjaring calon ketua umum baru, beberapa tokoh nampak sudah mulai mengapung. Diantaranya tokoh yang sudah begitu akrab dengan masyarakat, yaitu Desembri Chaniago, SH, MA.

Kepada media ini, Bang Des begitu ia akrap disapa oleh kaum muda, mengaku siap menjadi ketua umum KONI 50 Kota. Diketahui, Desembri Chaniago mempunyai pengalaman sebagai Ketua Bidang Organisasi KONI, Wakil Ketua Umum Koni dan Ketua Harian KONI.

Berbekal pengalaman dan langkah pengabdian, serta dukungan dari belasan cabang olahraga (Cabor) diyakini Desembri Chaniago mampu mengemban amanah organisasi.

Hal itu diungkapkan oleh ketua Cabor Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) 50 Kota, Doni Ikhlas, "kita melihat pengalamannya dan sepak terjangnya dalam memikirkan organisasi. Ketua umum KONI yang akan datang diharapkan mampu menaikkan prestasi atlet. Bang Desembri hingga saat ini selalu mempunyai andil dalam olahraga di 50 kota," kata Doni Ikhlas, ketika diwawancara via telpon, Jum'at (12/03).

Diketahui, Desembri Chaniago merupakan ketua Cabor wushu 50 Kota dan aktif di badminton, termasuk pencak silat dan luas bergaul dengan Cabor lainnya.

Hal senada diungkapkan oleh ketua Cabor Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI), Doni Sartika, "pandangan saya terhadap ketua KONI yang akan maju, pertama harus mendapatkan rekomendasi tertulis dari masing - masing cabor, sebagai syarat mutlak. Ke dua, calon ketua KONI harus memiliki pengalaman, Bang Desembri memiliki pengalaman diorganisasi KONI," ucapnya ketika diwawancara via telpon, Jum'at sore (12/03).

Kendati demikian, Doni Sartika mengatakan kepada calon ketua umum KONI agar menjalin hubungan yang lebih akrab dengan masing - masing Cabor, termasuk juga memperhatikan alokasi anggaran yang menurun akibat recofusing pandemi Covid-19. "Ketua KONI yang akan datang diharapkan mampu membuka jaringan yang lebih luas diluar anggaran Pemda," tukuknya.

Terpisah, ketua Cabor senam 50 Kota, Elnigra Riza, ikut memberikan pandangan untuk ketua umum KONI yang akan datang, "diharapkan mampu mengayomi seluruh Cabor, dengan memberikan perhatian yang lebih kepada seluruh atlet. Karena prinsip di 50 Kota, kita tidak membeli atlet tetapi membenahi atlet yang sudah ada," ucapnya via seluler, Jum'at Sore (12/3). (frp)