Masyarakat Maek Ucapkan Terimakasih Kepada Pemkab 50 Kota, Kelarnya Irigasi Banda Panjang



Limapuluhkota, SagoNews.com - Masyarakat Nagari Koto Tinggi Maek yang merupakan Nagari Persiapan, terutama di Jorong Koto Tinggi Tigo berterimakasih dengan Rehabilitasi Pembangunan Irigasi Banda Panjang yang selesai dikerjakan akhir tahun 2020 kemaren.

Ucapan terimasih tersebut disampaikan oleh Tokoh Masyarakat Jorong Koto Tinggi Maek, diantaranya Panggilan Men yang tidak berada jauh dari rumahnya dekat Irigasi Banda Panjang.

"Kita sangat berterimakasih dengan telah selesainya rehabilitasi pembangunan irigasi Banda Panjang tersebut, dimana sebelum direhab Irigasi untuk mengairi persawahan dialiran Banda Panjang tersebut, air yang mengalir dua Aliran sepanjang saluran sering tidak sampai kesawah masyarakat" Ungkap Men kepada Media, Kamis (04/03/2021).

Men juga menyebutkan, setelah rehabilitasi saluran tersebut, Alhamdulillah bisa dirasakan olehnya, karena kebocoran serta keretakan saluran itu telah dibenahi oleh Bidang PSDA PU Kabupaten Limapuluh Kota.


Ucapan senada juga disampaikan oleh Darwis yang merupakan Bamus di Nagari Koto Tinggi Maek, bahwa sebelumnya Aliran Banda Panjang tersebut memang airnya tidak sampai kepersawahan masyarakat tetapi sekarang aliran air yang yang melalui Banda Panjang tersebut telah mulai normal dan bisa mengairi sawah masyarakat.

Darwis yang juga selaku Tokoh Masyarakat mengharapkan kepada Dinas terkait supaya menganggarkan Dana untuk Rehabilitasi Bendungan Banda Panjang yang dindingnya telah banyak yang runtuh serta Sendimen Bendungan tersebut juga telah banyak menumpuk Dibendungan Banda Panjang.

"Selain mengganggarkan Rehabilitasi Bendungan Banda Panjang tersebut yang tak kalah pentingnya adalah pintu air utama bendungan dan pintu air setiap persimpangan harus juga dibenahi serta direhabilirasi" sebutnya.

"Jika bendungan dan pintu air tersebut direhabilitasi, dengan sendirinya kebocoran serta kelancaran air kesawah masyarakat akan maksimal dan normal seperti semula" tutur Darwis.

Ben Hardi Kepala Jorong Koto Tinggi Tigo Maek juga sangat berterimakasih dengan rehabilitasi saluran air Banda Panjang tersebut.

"Sebelum Direhabilitasi saluran tersebut, masyarakat di Jorongnya sangat mengeluhkan dengan tidak lancarnya air yang mengalir kesawah penduduk" tambah Ben Hardi

"Alhamdulillah, sekarang setelah rehabilitasi saluran Banda Panjang, airnya sudah bisa mengairi sawah penduduk" lanjutnya.

Harapannya juga senada dengan Tokoh masyarakat seperti Darwis, Maridus, Men dan Penduduk Koto Tinggi Maek yang merupakan Nagari Persiapan, supaya Instansi terkait bisa menganggarkan rehabilitasi Bendungan Banda Panjang dan Pintu-pintu air yang mengaliri Irigasi tersebut sudak banyak yang keropos dan tidak lagi berfungsi, ujarnya. ***

Editor : Robbi Engles Yunisco