Kakankemenag Apresiasi Ponpes Pemenang Cerdas Al Quran



Limapuluh Kota, SagoNews.com – 
Dua Pondok Pesantren (Ponpes) harumkan nama Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota dalam lomba Cerdas Al Quran Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota. Dua Ponpes tersebut adalah Ponpes Insan Cendikia Harau dan Ponpes An Nahl Guguak.

Dua Pondok Pesantren kebanggaan Lima Puluh Kota ini berlaga pada lomba Cerdas Al Quran Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota , yang diselenggarakan oleh Padang TV bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota. Lomba tersebut disiarkan langsung oleh Padang TV pada Jum’at (27/8).

Pimpinan Pondok Pesantren ICBS Harau, H. Ihsan Ahmad, ikut menyebutkan, bahwa santri yang mengikuti lomba ini adalah santri setingkat SMP. “Jadi santri kita ini adalah utusan tingkat SMP. Namun secara keseluruhan mereka adalah santri Pondok Pesantren. Karena di dalam Pondok Pesantren ada jenjang pendidikan mulai dari PAUD hingga tingkat SMA. Kesemuanya itu tergabung dalam Satuan Pendidikan Pondok Pesantren,” jelas Ahmad.

H. Asrat Chan, Pimpinan Ponpes An Nahl Guguak, menyatakan kebanggaannya kepada Pondok Pesantren yang berkompetisi. “Sebagai Pimpinan Pondok, kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh santri-santri dari An Nahl an ICBS. Ini perjuangan yang luar biasa. Dari An Nahl sendiri, kita mengirim dua tim untuk lomba ini. Tim I gugur pada tahap sebelumnya, sementara tim II melaju hingga babak final. Dan Alhamdulillah meraih juara III. Begitu juga dengan ICBS yang juga mengirim beberapa Tim. Akhirnya dua Ponpes ini bertemu di babak final dengan perolehan juara, ICBS di posisi I, SMPN Bukik Barisan di posisi II, dan An Nahl di posisi III.” ungkap Ketua MUI Lima Puluh Kota ini.

Dari dua pimpinan Ponpes ini didapat informasi bahwa persiapan untuk lomba ini sudah jauh hari mereka lakukan. Enri Ahmad Patturusi, Farhan Rahimuddin Munte, dan Oldy Septiandri adalah santri dari Ponpes ICBS Harau yang meraih juara I, sedangkan Wafiq Azizi, Hasya Aurellia, dan Winda, adalah nama-nama yang telah mengharumkan nama Ponpes An Nahl dan meraih juara III. 

H. Naharudin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, mengungkapkan kebanggannya atas prestasi yang diraih oleh para santri Pondok Pesantren di Kabupaten Lima Puluh Kota. “Rasa bangga kami ucapkan kepada para santri kami yang telah mengharumkan nama Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota. Ini adalah prestasi yang kesekian kali di raih oleh Ponpes kita. Banyak kompetisi yang diikuti oleh santri kita. Dan mereka selalu mengharumkan nama Kementerian Agama dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk itu kami mengucapkan selamat kepada ananda semua. Semoga dapat meraih prestasi yang lain di masa mendatang” ungkap Naharudin.

Kakankemenag menyebut, lomba yang diikuti oleh santri Pondok Pesantren adalah dalam rangka menyemarakkan Al Quran di Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kabupten Lima Puluh Kota, dan tentunya juga sejalan dengan Program Prioritas Kementerian Agama, yaitu Kemandirian Pesantren. 

Kakankemenag menjelaskan, geliat Pondok Pesanren di Kabupaten Lima Puluh Kota berjalan pesat. Ada 15 Pondok Pesantren di Kabupaten lima Puluh Kota. Tersebar di enam Kecamatan, dari 13 kecamatan yang ada di Kabupten Lima Puluh Kota, dengan rincian di Kecamatan guguak 4 Ponpes, Kecamatan Payakumbuh 2 Ponpes, Kecamatan Pangkalan Koto Baru 2 Ponpes, Kecamatan Harau 5 Ponpes, Kecamatan Akabiluru 1 Ponpes, dan Kecamatan Situjuah Limo Nagari 1 Ponpes. (Nina)