Launching JEMPOL NAGARI berlangsung Meriah, Bupati: Jempol Nagari Inovasi Yang Membahagiakan Masyarakat



Limapuluh Kota, SagoNews.com - 
Pengembangan aplikasi Smartdukcapil yang hadir di nagari dengan inovasi layanan JEMPOL NAGARI (Jembatan Pelayanan Online Nagari) di Nagari Koto Bangun Kamis (26/8) di launching. Dalam launching JEMPOL NAGARI dihadiri langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kadis Dukcapil Prov. Sumatera Barat Irwan, S.Sos. MM., Ketua Forum Dukcapil Sumatera Barat Muhammad Fadhly, S. Ap. MM., Wakil Ketua DPRD Kab. Lima Puluh Kota Syamsul Mikar dan OPD terkait di Lingkungan Kab. Lima Puluh Kota.

Launching JEMPOL NAGARI di Nagari Koto Bangun berlangsung meriah. “Hari ini JEMPOL NAGARI secara resmi akan di launching di Kab. Lima Puluh Kota. Kita berharap inovasi ini bisa memangkas biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke Kantor Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota. Adanya iniovasi ini tentu memangkas jarak perjalanan yang memerlukan waktu lebih kurang 3 jam perjalanan. Dan dengan hadirnya JEMPOL NAGARI di Nagari yang ada di Kab. Lima Puluh Kota semoga bisa mendekatkan masyarakat dengan layanan dari nagari” tutur Fadhly yang dipercaya sebagai Ketua Forum Dukcapil Sumatera Barat.

“Target nasional perekaman KTP-el adalah 99,2%, semoga dengan adanya inovasi layanan ini target di Kab. Lima Puluh Kota bisa tercapai atau bisa mencapai 100%” ujar Irwan memotivasi Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota dalam sambutan nya. Syamsul Mikar selaku Wakil Ketua DPRD Kab. Lima Puluh Kota yang juga merupakan putra asli yang lahir di nagari Koto Bangun menyampaikan bahwa kesuksesan sebuah daerah berawal dari kesuksesan nagari. Semua pihak yang terlibat dalam inovasi layanan ini, semua nya harus ikut andil. Karena dengan kerja sama yang baik akan menghasilkan layanan yang berkualitas.

JEMPOL NAGARI secara resmi di Launching langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota dengan dilakukan nya pemotongan pita dan pemotongan balon sebagai symbol balon yang dilepaskan akan terbang tinggi sama hal nya dengan Kab. Lima Puluh Kota yang siap untuk menjadi daerah maju yang Go Digital. “Inovasi seperti ini tentu akan sangat memudahkan masyarakat. Lima Puluh Kota yang memiliki wilayah cukup luas akan menjadi dekat dengan kehadiran inovasi ini. Pemerintah Kab. Lima Puluh Kota akan terus mendukung dan berbuat banyak demi tercapainya masyarakat Lima Puluh Kota bahagia” ujar Safaruddin dalam sambutannya.

Ir. Refilza selaku Kadis Dukcapil Kab. Lima Puluh Kota optimis, 79 nagari yang melaksanakan inovasi layanan JEMPOL NAGARI akan berdampak terhadap administrasi kependudukan. Masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan akan mudah melakukan pengurusan dokumen di kantor Wali Nagari masing-masing. “Kita ingin masyarakat Lima Puluh Kota bahagia, kita akan terus melayani masyarakat dengan menghadirkan inovasi yang memudahkan masyarakat. Tidak ada lagi jarak yang menjadi alasan masyarakat tidak memiliki dokumen kependudukan. Apalagi biaya yang menjadi alasan, karena semua Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kab.Lima Puluh Kota tidak dipungut biaya alias Gratis. Masyarakat Lima Puluh Kota bahagia adalah tujuan kita, dan kita akan wujudkan itu” tutur Refilza. (fikri)