Kemenag Lima Puluh Kota Utus 43 Peserta Pada Ajang KSM Tingkat 'Aliyah Tahun 2021



Limapuluh Kota, SAGONEWS.COM ~ 
Dimulai dari tanggal 21 hingga 23 Agustus 2021, Kompetisi Sain Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten/Kota se Indonesia resmi di gelar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Naharudin, mengapresiasi siswa-siswa yang lulus seleksi administrasi dan bisa mengikuti KSM tahun ini. “Bagi siswa kami yang belum lolos, jangan berkecil hati. Muda-mudahan bisa mengikuti KSM di tahun mendatang. Kepada siswa kami yang lolos seleksi, selamat berkompetisi. Maksimalkan kemampuan yang ananda miliki. Kerja keras ananda dan guru pembimbing beberapa waktu ini semoga membuahkan hasil yang membanggakan,” ungkap Naharudin via telfon.

Kakankemenag menyebut, KSM tahun ini sama pelaksanaannya dengan tahun sebelumnya. “Tahun ini KSM kembali dilaksanakansecara online. Artinya, selain maksimal di bidang yang diikuti, siswa juga dituntut untuk maksimal dalam penggunaan IT. Namun kami yakin, siswa kita dan tenaga pembimbing sudah mengantisipasi akan hal itu,” imbuhnya.

“saya selaku Kepala Kantor menghimbau kepada kita semua untuk ikut mensukseskan pelaksanaan KSM tingkat kabupaten/kota, dan sama-sama mendoakan agar perwakilan dari Kabupaten Lima Puluh Kota memperoleh hasil yang terbaik. Kepada siswa kami, dukung selalu sikap sportifitas. Tidak ada pencapaian yang membanggakan jika didapat dengan kecurangan. Sukses untuk kita semua,” tutup Naharudin.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad), H. Zulwitra, ditemui di ruang kerjanya menyebut, pelaksanaan KSM hari ini berjalan lancar. “Kita terus memantau pelaksanaan KSM di masing-masing madrasah. Hari ini pelaksanaan KSM tingkat ‘Aliyah. Koordinasi dengan Kepala Madrasah terus kita lakukan,” jelas Zulwitra.

Kasi Penmad menjelaskan, bahwa ada sepuluh  Madrasah ‘Aliyah yang mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota pada ajang KSM tahun ini. Ke sepuluh  madrasah itu adalah MAN Lima Puluh Kota, MAS Tiga Batur, MAS Syeh Adimin arradji, MAS Ma'arif Assa’diyah, MAS Lareh Sago Halaban. MAS Al Makmur Tungkar, MAS Ti Tabek Gadang, MAS Al Manaar, MAS Al Kautsar, dan MAS Darul Funun.

“Pelaksanaan KSM untuk tingkat Aliyah dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama adalah Bidang Studi Matematika dan Biologi, masing Bidang Studi diikuti oleh 8 dan 5 siswa. Sesi kedua Bidang Studi Fisika dan Kimia, masing-masing lima orang peserta, dan di sesi ke tiga yang dilombakan adalah Bidang Studi Ekomoni dan Geografi, masing-masing peserta adalah sepuluh orang. Total utusan KSM tingkat ‘Aliyah dari Kabupaten Lima Puluh Kota berjumlah 43 orang,” jelas Zulwitra.

“Untuk besok adalah pelaksanaan KSM tingkat MTs. Dan hari Senin untuk tingkat MI. Semoga semua siswa kita yang ikut, bisa meraih yang terbaik. Seluruh tingkat satuan pendidikan telah mengikuti simulasi sebelum kegiatan KSM ini digelar. Semoga hasil yang diraih, tidak mengkhianat usaha yang telah kita upayakan selama ini,” pungkas Kasi Penmad. (Nina).