Sambangi Madrasah, Naharudin Monev Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021



Limapuluh Kota, SagoNews.com - Pimpin Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Anggaran ke Satuan Kerja, Naharudin, Kepala Kantor Kementeran Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, sambangi MTsN 4 Lima Puluh Kota, pada Selasa (3/8).

Dalam Monev yang dilakukan, Naharudin , pesankan agar tata kelola keuangan madrasah bisa lebih  akuntabel, efektif serta bernilai guna untuk mewujudkan kualitas layanan pendidikan yang lebih baik lagi.
“Pelaksanaan Anggaran yang Efektif dan efisien akan berdampak pada pelayanan pendidikan yang lebih baik. Belanjakan dana yang terdapat di Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dengan efektif dan efisien,” jelas Kakankemenag.

Naharudin menjelaskan, penggunaan anggaran yang efektif dan efisien harus benar-benar diperhatikan. “Madrasah harus bisa memilah penggunaan anggran sesuai dengan kebutuhan yang utama. Jangan sampai anggaran digunakan kepada kebutuhan yang belum perlu, sementara kebutuhan lain ada yang lebih penting,” tekan Kepala Kantor.

“Dari segi pelaporanpun harus jelas dan akuntabel. Sehingga jika nanti ada pemeriksaan terhadap pelaksanaan anggaran seperti yang kita laksanakan sekarang ini, tidak ada temuan yang merugikan madrasah maupun Negara. Bijaklah dalam penggunaan anggaran, dan laporkan sesuai SOP dan tentunya sesuai dengan azas ZI WBK WBBM yang digariskan oleh Menpan RB. Pelaporan yang akuntabel merupakan salah satu upaya mencegah korupsi, sehingga tidak ada pihak manapun yang dirugikan,” pungkas Kakankemenag.

Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota, Moh. Arief Hidayat, menyambut baik segala masukan dan arahan yang disampaikan Kepala Kantor. 

“Pada saat pengusulan dana DIPA untuk tahun 2021, kita sudah berkoordinasi dengan bendahara mapun operator madrasah. Sebaik mungkin kita akan mengajukan usulan dana DIPA agar bisa dapat lebih, demi peningkatan kualitas madrasah,” jelas Arief.

Arief menyebut, penyerapan anggaran di MTsN 4 Lima Puluh Kota sudah mendekati 60 persen. “Dari ketersediaan dana, 60 persen sudah kita realisasikan. Kedepan semoga penyerapan anggaran bisa lebih ditingkatkan, tentunya sesuai dengan SOP yang ditetapkan. Kita akan berusaha semaksimal mungkin melaksanakan saran dan arahan dari Kepala Kantor, demi pelaksanaan anggaran yang lebih baik lagi” pungkas Arief. (Nin)