Tim Menyapa Ummat KUA Kecamatan Lasahan Sambangi Jorong Terpencil



Lima Puluh Kota, SagoNews.com – 
Bukan hanya berkutat pada penyuluhan kepada calon pengantin dan menikahkan saja, Kepala KUA dan Penyuluh Agama Fungsional juga harus bisa terjun langsung kepada masyarakat memberikan tausiyah dan informasi terkait program-program Kementerian Agama.

Hal inilah yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Lareh Sago Halaban beserta Tim dalam program “Menyapa Ummat”. Program ini dilaksanakan beberapa waktu yang lalu dalam rangka menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhhamad SAW di Jorong Sungai Ipuah Nagari Sitanang.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lareh Sago Halaban, Jonevendi, dalam sambutannya memaparkan bahwa kegiatan ini dalam rangka merajut ukhuwah Islamiyyah Keluarga besar KUA Kecamatan Lasahan dengan masyarakat. “Biasanya Kepala KUA turun ke lapangan hanya untuk rutinitas menikahkan catin. Sekarang kita bisa lebih akrab. Permasalahan-permasalahan yang dirasakan masyarakat bisa disampaikan kepada kami hal yang berhubungan dengan KUA,” papar Jonefendi.

Jonevendi menyebut, kegiatan yang dilakukan saat ini adalah bentuk kepedulian dan menjalin emosional antara masyarakat dengan KUA Kecamatan. Selaian itu program Kementerian Agama juga bisa disampaikan dan direalisasikan dalam ajang “Menyapa Ummat” ini.

Wali Nagari Sitanang, Hardison Dt. Tulahir mengapresiasi dan merasa bangga serta terharu dengan kegiatan ini. “Kami Wali Nagari Sitanang mersa terharu dengan kunjungan ini. Jorong Sungai Ipuah adalah jorong yang terjauh di Nagari Sitanang. Jorong ini sangat jarang mendapat kunjungan. Ia berharap dengan kunjungan ini masyarakat Jorong Sungai Ipuah tidak tertinggal dalam berbagai informasi. Ia juga berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan ketaqwaan dan kecintaan kepada nabi Muhammad SAW.

Kegiatan Menyapa Ummat yang digagas oleh KUA Kecamatan Lasahan beserta Tim ini dihadiri juga oleh Penghulu, pengawas PAI dan Madrasah, Penyuluh Agama Fungsional dan Penyuluh Agama Honorer wali jorong Sungai Ipuah, Bamus, Muna, kelompok Yasin, kelompok Tahfiz masjid Darussalam jorong Sungai Ipuah serta guru guru TPQ.

Kegiatan ditutup dengan tausiyah yang disampaikan oleh Penyuluh Agama Fungsional KUA Kecamatan Lareh Sago Halaban, Syaflinda. Dalam tausiyahnya, Syaflinda menyebut sangat pantas kita bergembira dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW, karena beliau adalah Rahmad yang Agung bagi sekalian alam.
Syaflinda juga membeberkan wujud kecintaan kepada Baginda Rasulullah, diantaranya perbanyak sholawat, mengikuti ajaran beliau, dan meneladani akhlak beliau, mulai dari hal-hal sederhana seperti adab makan dan minum, adab ke kamar mandi, adab terhadap hewan, adab dengan teman,menjalin kasih sayang, serta slaing memaafkan.

Kegiatan Menyapa Ummat diakhiri dengan penyerahan bantuan karpet sholat dan Al-Qur'an untuk masjid setempat, Al-Qur'an tahfizh untuk Lembaga Tahfizh dan doorprize untuk  peserta kegiatan oleh Tim Menyapa Ummat KUA Kecamatan Lareh Sago Halaban. (Linda/Nina)