2 Balai dan 1 Loka POM Sambangi Sentra Rendang IKOSERO Payakumbuh




Payakumbuh, SagoNews.com — Tidak pernah sepinya Sentra IKM Rendang IKOSERO Payakumbuh dari kunjungan dengan tujuan untuk belajar ataupun hanya sekedar melihat-lihat akan tempat produksi rendang terbesar di kota Payakumbuh tersebut, Kamis (9/12) pagi Sentra Rendang IKOSERO Payakumbuh kembali terima kunjungan rombongan sebanyak 18 orang.

Disambut langsung wakil walikota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama kepala Loka POM kota Payakumbuh Iswandi dan kepala UPTD Sentra Rendang Novit Ardi bersama kepala bidang tenaga kerja Gesmalindra, rombongan yang datang kali ini merupakan dari Balai dan Loka POM (Besar Pengawas Obat dan Makanan) dari tiga wilayah, yakni dari Balai POM Ambon, Loka POM Bali dan Balai POM Belitung.

Seperti kunjungan yang sudah-sudah, setiap tamu yang datang akan dibawa mengitari dapur sentra rendang untuk melihat dan belajar tentang proses kerja dan produksi rendang.

Sebelum diajak berkunjung ke dapur, rombongan dijamu terlebih dahulu di ruang pertemuan lantai II Disnakerin kota Payakumbuh. 

Ucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan yang datang berkunjung ke sentra rendang IKOSERO Payakumbuh, wakil walikota Erwin Yunaz sampaikan atas kunjungan ini semoga dapat membawa keberkahan bagi daerah masing-masing.

Terkait dengan Loka POM kota Payakumbuh yang masih sedang dalam pengembangan, Erwin Yunaz ungkapkan jika kota Payakumbuh saat ini sudah terkenal sebagai kota kuliner, dengan hal ini tentu nantinya Loka POM kota Payakumbuh dapat melakukan registrasi terhadap jajanan yang ada di kota Payakumbuh sehingga bagi yang ingin berkunjung ke kota Payakumbuh sudah dapat merasa nyaman atas jajanan yang dibeli.

Lebih lanjut, Erwin turut mengungkapkan jika saat ini sentra di seluruh wilayah di Indonesia yang masih berjalan dari tahun pertama semenjak berdirinya sentra tersebut, hanya sentra rendang IKOSERO Payakumbuh satu-satunya yang masih bertahan dan berkembang sampai sejauh ini.

Wakil walikota itu berharap kedepannya sentra rendang IKOSERO Payakumbuh dapat terkelola dengan baik dan lebih profesional lagi, sehingga sentra rendang kota Payakumbuh dapat menjadi sentra nomor satu dalam menghasilkan produk rendang terbaik yang ada meskipun dirinya tidak ikut serta lagi dalam pengelolaan sentra rendang IKOSERO Payakumbuh kedepannya. 

Kepala UPTD Sentra Rendang IKOSERO Payakumbuh Novit Ardi dalam kesempatan tersebut turut menyampaikan jika saat ini sentra rendang IKOSERO telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan besar baik lokal maupun internasional.

“Seperti pada tahun 2020 kemaren, kita sudah melakukan penandatangan kerjasama dengan pihak negara Arab Saudi dalam melakukan ekport rendang yang akan digunakan untuk konsumsi jamaah haji nantinya, dan ada juga dari negara Malaysia yang ingin mendapatkan rendang asli kota Payakumbuh ini,” ungkap Novit.

Saat ini, sentra rendang IKOSERO telah banyak dilirik oleh pihak swasta untuk dapat menjalin kerjasama, hal ini diutarakan Novit sembari menyampaikan semenjak ia menjabat menjadi kepala UPTD tidak pernah handphone nya berhenti berbunyi karna sudah banyak orang dari pihak-pihak industri menghubungi yang tujuannya untuk dapat menjalin kerjasama dengan sentra rendang IKOSERO Payakumbuh.

“Tentunya dengan telah banyaknya dilirik oleh pihak lokal maupun internasional, kami dari sentra rendang IKOSERO ingin untuk seluruh produk hasil UMKM yang ada di bawah naungan IKOSERO agar telah teregistrasi di Loka POM kota Payakumbuh, sehingga dengan telah di registrasinya ini, maka seluruh UMKM yang bernaung dibawah IKOSERO telah dapat lega untuk dapat melanjutkan pemasaran produk-produk tersebut,” paparnya.

Sementara atas apa yang disampaikan oleh dua orang pimpinan yang berbeda naungan itu, kepala Loka POM Payakumbuh Iswandi ungkapkan akan lakukan yang maksimal untuk dapat membawa sentra rendang IKOSERO Payakumbuh menjadi lebih besar lagi, dan terutama untuk seluruh UMKM di kota Payakumbuh tentunya,” ucapnya dengan semangat.

Setelah mendengarkan atas sedikit banyaknya penyampaian dari wakil walikota Payakumbuh Erwin Yunaz dan kepala UPTD Sentra Rendang IKOSERO Payakumbuh Novit Ardi, seluruh tamu dari Balai dan Loka POM masing-masing daerah itu sepakat untuk dapat menimba ilmu dari sentra rendang IKOSERO Payakumbuh untuk dapat dibawa pulang. Dan untuk ilmu yang ingin rombongan ini ambil atas kunjungan ke sentra rendang IKOSERO Payakumbuh, yakni untuk bagaimana dapat membawa UMKM lokal maju dan berkembang sehingga UMKM lokal bisa lebih besar yang nantinya akan membawa dampak yang signifikan dalam memajukan daerah tersebut.

Dan atas apa yang disampaikan salah seorang perwakilan dari rombongan tersebut, wakil walikota Erwin Yunaz jawab akan menerima permintaan mereka, dimana hal ini tentu akan lebih maksimal hasilnya untuk dapat dilakukan komunikasi langsung dengan kepala UPTD sentra rendang IKOSERO Payakumbuh,” jelas Erwin tersenyum.

Diakhir sesi jamuan tersebut, wakil walikota bersama kepala UPTD dan kepala Loka POM Payakumbuh lakukan pertukaran cinderamata dari masing-masing rombongan, dan setelah melakukan pertukaran cinderamata, rombongan diajak untuk berkeliling dapur sentra rendang untuk melihat sambil belajar tentang keberadaan sentra rendang IKOSERO Payakumbuh dalam memajukan UMKM lokal.