Peringatan Hari Ibu Ke 91 dan HUT DWP Ke 22 Kota Payakumbuh Berlangsung Meriah



Payakumbuh, SagoNews.com — Walikota Payakumbuh Riza Falepi selaku penasehat DWP yang diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda menghadiri Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ke 22 Kota Payakumbuh Tahun 2021 di aula pertemuan ngalau indah lantai III kantor walikota Payakumbuh, Rabu (15/12).

Peringatan puncak hari ibu ke 93 dan HUT DWP ke 22 Kota Payakumbuh dihadiri ketu GOW Maghdalena dan seluruh anggota DWP, Forkopimda, ketua organisasi perempuan sekota, OPD terkait, Camat sekota, dan seluruh kepala bagian Setdako Payakumbuh.

Sampaikan sambutan dari ketua DWP pusat yang dibacakan ketua DWP kota Payakumbuh Elfrizaharman, peringatan HUT DWP kali ini mengusung tema Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM.

“Tema ini sengaja diangkat untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan dan memastikan bahwa program-program kerja DWP saat ini dan ke depan senantiasa berorientasi untuk mewujudkan kesejahteraan anggota, keluarga dan masyarakat melalui pendidikan, ekonomi dan sosial budaya," ujarnya.

Lebih Lanjut Ketua DWP Payakumbuh  menambahkan Rangakaian kegiatan dan acara yang telah dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT ke 22 DWP difokuskan dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha UMKM khusus Ibu-Ibu Dharma Wanita dalam mempertahankan usaha dimasa pandemi covid-19 serta meningkatkan kepercayaan diri dalam usaha menjaga kesehatan mental.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Rida Ananda katakan peringatan hari ibu diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa kemasa,  dalam ambil peran disetiap derap pembangunan di Indonesia.

“Maka sangat disayangkan apabila perempuan masih harus menghadapi berbagai ketimpangan, mulai dari mengakses, berpartisipasi, ikut menentukan arah serta menikmati manfaat pembangunan,” katanya.

Menurut Rida, dalam sambutannya menyampaikan semoga dengan penyelenggaraan HUT ini dapat menjadi momentum yang baik dalam meningkatkan semangat DWP Kota Payakumbuh untuk senantiasa ikut mempersembahkan pengabdian terbaik bagi bangsa, negara dan daerah.

Sebagaimana tema peringatan HUT DWP yaitu membangun ketahanan perempuan Indonesia melalui kesehatan mental dan pemulihan bisnis umkm ini mengingatkan kita kembali akan keberadaan atau eksistensi Dharma Wanita sebagai salah satu organisasi kewanitaan yang sangat besar, potensial dan memiliki makna atau artikulasi yang sangat strategis bagi pemerintah terutama dalam hal ini Kota Payakumbuh.

Ditambahkannya, dalam upaya untuk mengoptimalkan kinerja DWP sebagai mitra pemerintah berharap kepada DWP Kota Payakumbuh agar selalu meningkatkan konsolidasi yang sifatnya pembinaan internal bagi seluruh jajaran pengurus dan anggota serta senantiasa berupaya meningkatkan semangat profesionalisme dan berinovasi.

“Rasullullah SAW mengingatkan kepada kita semua bahwa perempuan itu adalah tiangnya negara. Jika tiangnya rusak maka rusaklah negara apabila konsep ini kita kecilkan maka perempuan itu adalah tiang rumah tangga oleh karena itu kehadiran DWP merupakan citra yang sangat strategis bagi pemerintah untuk menginformasikan seluruh program pemerintah terutama pada tiga sektor yaitu pendidikan, ekonomi dan sosial budaya," ujar Rida.

“Mudah mudahan pada HUT DWP ke-22 semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dan semoga DWP bisa bermitra dengan pemerintah dalam rangka untuk memajukan seluruh program-program kemajuan pemerintah di Kota Payakumbuh," harapnya mengakhiri.

Setelah dibuka Sekretaris Daerah Rida Ananda, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng bersama seluruh ketua organisasi perempuan sekota dan didampingi Forkopimda.