Santri Ponpes ICBS Harau Juara IER 6.0 Tingkat SMA/MA Se Indonesia



Lima Puluh Kota, SagoNews.com--  Masa pandemi Covid-19 yang melanda tidak menghalangi satri Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau menuai prestasi. Hal ini dibuktikan oleh Cyka Srihana Humaera, Santri kelas 11 IPS Pondok Pesantren Insan Cedekia Harau yang berhasil menyabet juara II lomba Ekonomi Social Science Competition Indonesia Economics Review (IER) 6.0 Tingkat SMA/MA se Indonesia.

Kompetisi yang ditaja oleh Universitas Pertamina ini dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2021 kemarin untuk babak penyisihan. Lalu pada tanggal 14 November 2021 dilaksanakan tahap Grand Final. Dan pengumuman pemenang dilaksanakan secara resmi pada tanggal  27 November  2021.


Kompetisi yang dilaksanakan secara daring  ini, diikuti lebih kurang 40 peserta dari seluruh wilayah di Indonesia pada babak penyisihan. Dari 40 orang peserta yang berkompetisi, dipilih lima orang siswa terbaik untuk melaju ke babak final, dan Cyka masuk salah satunya. Cyka sendiri melaksanakan kompetisi di kantor Asrama putri Harau yang didampingi oleh pembina Asrama Putri, Ananda Miftahul Jannah Lc.

“Cyka anak yang rajin dan shaleh. Memiliki kemauan yang kuat dalam menuntut ilmu. Cyka juga sering megikuti event-event yang yang bersifat regional, nasional, bahkan internasional. Selain itu, Cyka juga aktif berorganisasi, dan sekarang menjabat sebagai Sekretaris Badan Eksekutif Santri (BES) Insan Cedekia Harau,” jelas Ananda Miftahul Jannah Lc, pembina Asrama Putri ICBS Harau.

Pimpinan Pondok Pesantren Insan Cedekia Harau, Ihsan Ahmad, Lc, saat dikonfrimasi menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih santrinya. “Kita sangat bangga dengan berbagai prestasi yang diraih oleh santri kita, bukan hanya Cyka. Apapun bentuk kompetisi yang akan mengasah kemampuan santri akan selalu kita dukung,” ujar Ihsan.

Ihsan berharap, dari kompetisi yang dimenangkan oleh Cyka akan semakin banyak santri-santri Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau yang termotivasi dan bisa juga berprestasi, baik dibidang Akademik maupun Non Akademik.


Ihsan juga menambahkan bahwa Cyka juga meraih juara I pada peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota pada cabang Penulisan Karya Ilmiah yang diadakan oleh  Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota pada peringatan Hari Santri Nasiobal beberapa waktu yang lalu. (Nina)