Seminar Self Improvement STAIDA Awal Menghadirkan Pemimpin Literat




(Ahad, 19 Juni 2022) Organisasi Mahasiswa Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAIDA Payakumbuh bersama Pustaka Dua-2 mengadakan Seminar Self Improvement dengan tema “Pemimpin Literat, Karya Melangit, Hati membumi”. Kegiatan seminar ini  diadakan di Lantai 2 Aula Masjid Nurul Yakin, Pakan sinayan, Payakumbuh. 
Seminar ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara STAIDA Payakumbuh dengan Pustaka Dua-2 dengan tujuan untuk meningkatkan Literasi Berbasis Al Qur'an. Selain kegiatan di bidang literasi, kerjasama inipun juga memberikan bimbingan yang berkelanjutan dalam hal organisasi dan manajemennya.

Harapan dalam kegiatan ini, bertujuan memberikan dorongan kepada mahasiswa STAIDA Payakumbuh sehingga aktif dalam kegiatan sosial dan rasa memiliki terhadap kampus, serta meningkatkan kualitas mahasiswa dalam berorganisasi. Sebagai mahasiswa yang mampu  mengatur  waktu serta dapat memanfaatkan media digital dengan baik dan cerdas berliterasi. 
Seminar ini dibuka oleh Wakil Ketua III STAIDA Payakumbuh,  Muhammad Rizqi S.Th.I.,MA. Rizqi berharap para mahasiswa menjadikan kegiatan seminar sebagai bagian dari proses belajar yang tidak harus di kelas perkuliahan. Seiring dengan harapan Rizqi, Alwiansyah, ketua pelaksana menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari Semester 2 sampai dengan 4, para mahasiswa STAIDA yang baru dilantik sebagai pengurus DEMA masa bakti 2022/2023.

Narasumber seminar ini, antara lain;   Panji Anugerah, S.SOS. yang merupakan Penulis sekaligus Aktivis, Lindawati, S.S,. M.Pd merupakan DPP FLP Sumbar, Co Founder Pustaka Dua-2, beserta Tim Pustaka Dua-2 yang diwakili oleh sekretarisnya, Hanum.
Materi pertama diisi oleh Panji mengenai Manajemen  Organisasi. Panji memberikan informasi tentang pentingnya manajemen dalam organisasi serta leadership.

Mahasiswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti materi bersama Panji, bak gelas kosong yang siap menampung ilmu. ”Hidup itu berpola apa yang kita lakukan hari ini itulah kita pada masa yang akan datang. Perjalanan menuju sukses itu mungkin getir dan pahit namun, percayalah di ujung kegelapan pasti ada cahaya”. Motivasi Panji bagi para mahasiswa.

Materi selanjutnya dari Tim Pustaka Dua-2 tentang pemanfaatan media digital yang disampaikan oleh Hanum. Mahasiswa dapat mengetahui betapa media digital memiliki peran yang sangat penting pada zaman ini. Melalui media digital kita bisa mengembangkan skill serta mengenalkan diri kita pada kalayak banyak dengan hal-hal yang positif. Mahasiswa harus mempunyai karya  dan hal-hal bermanfaat yang bisa memberi sumbangsih pada umat. 
Materi terakhir tentang manajemen waktu yang disampaikan oleh Lindawati, S.S., M.Pd. Linda mengingatkan mahasiswa bahwa waktu tidak dapat diperbaharui, maka gunakanlah waktu sebaik-baiknya, mengelola waktu dengan baik agar tak sia-sia. 

Seminar yang diadakan selama satu hari, membuat antusias mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi. Diharapkan dengan kegiatan ini, kerjasama antara STAIDA dan Pustaka Dua-2 akan mampu memberikan motivasi para mahasiswa untuk lebih baik lagi dalam mengatur 


waktu, berorganisasi dan kemampuan berliterasi.

(AMIRA ZURFA) 
Anggota PSDA DEMA STAIDA Payakumbuh