TSR Limapuluh Kota Kunjungi Mesjid Sa'adiyah Koto Tuo Mungka, Mesjid Budaya Religi

TSR 3 Kabupaten Limapuluh Kota serahkan bantuan Rp. 20juta untuk mesjid Sa'adiyah, Koto Tuo Mungka, Senin (27/03/03)


Limapuluh Kota, SagoNews.com - Tim Safari Ramadhan 3 (TSR 3) Kabupaten Limapuluh Kota mengunjungi Mesjid Sa'adiyah, Jorong Koto Tuo, Nagari Mungka, Kecamatan Mungka, Senin malam (27/03/2023).

Pengurus Mesjid yang menyambut kedatangan TSR 3 itu, mengatakan bahwa mesjid Sa'adiyah merupakan Mesjid budaya religi, disini pernah lahir dan dimakamkan disekitar mesjid, seorang ulama besar yang juga berteman dengan imam masjid Masjidil Haram Syech Khatib Al Minangkabawi, yang bernama Sych Sa'adi.

"Karya - karya Syech Sa'adi tersimpan di perpustakaan mesjid dan perpustakaan di negeri belanda, begitu dekatnya Syech Sa'adi dengan Syech Khatib Al Minangkabawi, mereka silih berganti mengeluarkan karya," kata pengurus mesjid yang juga notaris itu, Zainul Rajab.

Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro rajo yang diwakili oleh asisten III Zuhdi Perama Putra mengatakan, "melalui Safari Ramadhan ini kita jalin silaturrahim dan sebagai wadah dialog antara masyarakat dan pemerintah," kata Pak Pram panggilan akrabnya.

Rombongan TSR 3 itu diketuai oleh Kajari Kabupaten Limapuluh Kota, Suwarsono, SH, MH diwakili Kasi Intel Budi Dolansyah, SH, MH.

Turut Hadir Anggota DPRD Dapil Mungka, Alia Efendi Dt. Bijayo dari Fraksi Nasdem dan H.Yos Sariadi dari fraksi PKS. Kepala DPMPTSP Aneta Budi, Kadis Perhubungan diwakili Kabid Lalin Dadang Eri Putra, Kadis Pangan Ambard diwakil Kabid pangan dan Dirut RSUD Rahmawati, Mars.

Juga Kabag Pemerintahan Wira Dinanta,
Kabid Cipta Karya Abrizal, ST, Kabid Bapelitbang Emil Nazra, M. si, Disdikbud Dedi Hendri, Bagian Kesra Afrizal Ali, Wira Hutri.

Penceramah Ustad Wengki Putra Chaniago, S.Hi, M.Ag menyampaikan bahwa mesjid Sa'adiyah punya nilai sejarah yang sangat layak diwarisi oleh generasi muda, da'i muda itu juga mengatakan pentingnya menjaga tali silaturrahim.

Pada sesi dialog, berbagai pertanyaan dilayangkan oleh masyarakat, salah satunya mengenai obat - obatan, menurut warga apa benar obat dari BPJS berbeda dengan umum? Menjawab itu,  Direktur RSUD Ahmad Darwis Suliki, Rahmawati, menjawab dirinya menggaransi obat - obatan yang memakai kartu BPJS sama dengan yang umum.


Turut menyambut kedatangan TSR 3, Camat Mungka Ilda Subul Huriati, Kapolsek Guguak AKP Aurman, SH dan Wali Nagari Mungka, Epi Ardi. Ikut bersama rombongan.

(Fadli Riansyah)