Sambut Hari Bhayangkara ke 77, Polres Payakumbuh Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bagi Pelajar




Payakumbuh, SagoNews.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 77 dan Hari Jadi Dokkes Polri ke 77, Polres Payakumbuh menggelar pelatihan bantuan hidup dasar bagi pelajar, Selasa (20/06/2023).

Pelatihan tersebut diikuti oleh pelajar dari berbagai sekolah Kota Payakumbuh yang juga tergabung dalam Saka Bhayangkara Polres Payakumbuh.

Kabag SDM Polres Payakumbuh Kompol Eko Sulistyo, S.H mewakili Kapolres  membuka kegiatan pelatihan tersebut di aula Rupattama Polres Payakumbuh

" Kegiatan ini merupakan suatu pembinaan terhadap pemuda dan pelajar dalam menciptakan generasi penerus yang mempunyai integritas dan peduli terhadap sesama, " ujar Kompol Eko.

Pihaknya berharap kepada pelajar yang mengikuti pelatihan agar dapat memahami serta mengaplikasikan dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.

Sementara itu Paurkes Polres Payakumbuh Ipda Arsyadi menuturkan bahwa Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan tindakan awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas dan atau henti jantung darurat untuk membebaskan jalan nafas, membantu pernafasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu.

Ia mengatakan pelatihan tersebut agar pelajar semakin mandiri dalam bidang kesehatan khususnya dalam menghadapi situasi gawat darurat dan bencana.

" Maka perlu diberikan pengetahuan dan kemampuannya melalui suatu bentuk pelatihan berupa pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bagi pelajar agar dapat diperoleh sumber daya manusia yang profesional dan terampil sehingga dapat mengenali serta melakukan tindakan pertolongan bagi korban bencana, sakit maupun kecelakaan melalui pemberian Bantuan Hidup Dasar dengan baik dan benar, " pungkasnya. (hms)