Jangan Pilih Saya, Pilih Saja Hj. Rusmini




Tanjungpati, SagoNews.com - Fenomena spanduk nyeleneh Caleg mulai terlihat, hal itu redaksi temukan di simpang kampus Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (dulu; Politani). Bertuliskan "Jangan Pilih Saya, Saya Tidak Mencaleg, Pilih Saja Hj. Rusmini."

Spanduk nyeleneh dan menarik itu, dibuat oleh H. Saiful, SP untuk mendukung istri tercinta Hj. Rusmini. Berikut uraian latar belakang tokoh peduli sosial di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

5 PERJUANGAN DAN  3 TUJUAN  Hj.RUSMINI.S.Pd.I

Alhamdulillah, Hj.Rusmini.S.Pd.I. Lahir di Pulutan 6 November 1965 anak dari pasangan Ayah H.Bustami Dt.Tunaro Suku Caniago (Alm) dari Nagari Lubuak Batingkok dan Ibu Hj.Rusani Suku Koto Kemenakan Dt. Mangkuto Sinaro di Jorong Pulutan Nagari Koto Tuo Kecamatan Harau. Yang bersuamikan H.Saiful.SP (Mantan Camat Harau 2002-2004 terakhir sebagai Kabag di DPRD Limapuluh Kota pensiun 2020) dengan  anak/menantu : Zaimatul Halimah - Muhammad Ranggi Taruna dan Fauziati Salma - Dhani Alindra.

Rusmini telah diterima sebagai Calon Legislatif (Caleg) dengan ini  mensosialisasikan diri agar dapat berjuang dalam pemilu tanggal 14 Februari 2024 untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota periode 2024-2029 dari Partai NasDem (5)  dengan nomor urut tiga (3) untuk Daerah Pemilihan Kecamatan Harau dan Kecamatan Payakumbuh.

Sejak di PGAN Rusmini sudah aktif bergelut di lingkungan organisasi sekolah. Begitu juga di lingkungan tempat kerja aktif di organisasi PGRI Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai bendahara dan Bendahara KPRI Depdikbudcam Harau, di lingkungan tempat tinggal pernah memangku jabatan Ketua Bundo Kanduang Nagari dan Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Harau, Ketua PKK Kecamatan Harau dalam mendampingi suami sebagai Camat Harau.  Anggota Badan Perwakilan Anak Nagari (BPAN) dan anggota Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Koto Tuo. 

Riwayat pekerjaan sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Bukit Talao Gunuang Malintang di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Guru PAI di SDN 05 Purwajaya Sarilamak, Kepala SDN 03 III Balai Lubuak Batingkok, Kepala SDN 01 Koto Tuo, Pengawas PAI Kecamatan Mungka dan Kecamatan Harau, terakhir Kasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota yang pensiun dini Januari 2021.

Prestasi selama bertugas yang pernah diperoleh adalah sebagai Juara I Guru Teladan Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota  serta mendapat penghargaan sebagai Juara I Keluarga Sakinah Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota dan dan Juara III Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2015.

Berangkat dari pengalaman tersebut saya merasa terpanggil untuk terjun ke panggung politik ketika mendengar ada partai yang mengusung semangat perubahan. Partai NasDem cocok bagi saya dengan slogannya Gerakan Perubahan membuat saya merasa mantap untuk terjun di partai politik. Partai NasDem menjadi tempat berlabuh saya untuk memperjuangkan gagasan besar Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia melalui gerakan di legislatif apabila duduk sebagai anggota DPRD  Kabupaten Lima Puluh Kota nantinya.

Pilihlah Anak Nagari , Berjuang Untuk Nagari.

Kenapa Masyarakat harus memilih Hj.Rusmini, S.Pd.I sebagai wakil mereka di DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, berdasarkan rekam jejak baik sebagai pribadi maupun rekam jejak keluarga yang baik ditengah masyarakat, punya modal sosial melalui Yayasan Kasiah Bundo dengan memiliki Pemandian Kasiah Bundo Waterboom Kasiah Bundo  , TK Kasiah Bundo dan Peduli Pendidikan Anak Dhuafa Peduli Pendidikan Anak Dhuafa' dengan memberikan bantuan bea siswa yang sekarang telah punya anak asuh 105 orang dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi  dan punya cita-cita kedepan melalui Peduli Yayasan Kasiah Bundo untuk mencetak 100 sarjana anak nagari dikalangan dhuafa cerdas yang keluarganya tidak mampu  secara bertahap agar mereka mempunyai tiket ke masa depan. Karena hari esok harus dimiliki oleh anak nagari yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini. Untuk mengimbangi  masyarakat yang datang ke daerah kita telah mempunyai bekal ilmu dan berekonomi mapan.

A.Lima Perjuangan  Hj.Rusmini.S.Pd.I
1. Akan memperjuangkan program/ kegiatan yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nagari dan aspirasi usulan masyarakat. 
2. Akan berjuang melalui lembaga DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota  terhadap aspirasi masyarakat yang ditampung  dari kehendak rakyat kemudian  dimplementasikan dalam bentuk peraturan daerah (Perda) 
3. Akan membahas dan memberikan per setujuan rancangan peraturan daerah mengenai anggaran pendapatan dan belanja yang diajukan oleh pemerintah daerah Lima Puluh Kota. 
4. Akan mengawasi jalannya pemerintahan yang berpihak untuk mensejahterakan masyarakat.
5. Akan berupaya terlaksananya kewajiban daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.

B. Tiga Tujuan Sebagai Wakil Rakyat 

Berada di organisasi partai NasDem, menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Perempuan dan anak pada  Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota. Akhirnya Insya Allah mantap untuk maju mencalonkan diri sebagai Caleg  anggota DPRD Lima Puluh Kota periode 2024-2029 dari Partai NasDem untuk membantu dan mewakili wilayah kelahiran saya. 
Dengan visi adalah: “ Meningkatkan ekonomi masyarakat Lima Puluh Kota melalui peningkatan peran wanita dalam bidang kesehatan dan pendidikan“. 

Ada tiga tujuan apabila terpilih sebagai wakil rakyat dari keterwakilan perempuan, yaitu : 

1. Meningkatkan Sumber Daya Perempuan dalam bidang Pendidikan dan Kesehatan serta pengarusutamaan gender berdasarkan Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah.
2. Meningkatkan Pendapatan masyarakat melalui peningkatan pengembangan potensi sumberdaya alam (pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan), pengembangan ekonomi kreatip perempuan, usaha kecil dan menengah.
3. Meningkatkan pengembangan Insfrastruktur di segala bidang.

Apabila perempuan telah sehat akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi dan peningkatan pendidikan keluarga. Sesuai dengan prinsip yang selalu digaungkan dalam Islam, yaitu “tasharruf al-imam ‘ala ar-ra’iyyah manuthun bi al maslahah” (kebijakan pemimpin harus didasarkan atas kemaslahatan rakyat).  Untuk itu saya mohon dukungan dan doa dari keluarga, dunsanak, kerabat seprofesi, yang pernah menjadi murid saya serta masyarakat semua .  Setelah dibukak surat suara warna HIJAU nantinya, sebutlah nama saya tiga kali : RUSMINI, RUSMINI dan Hj. RUSMINI, S.Pd.I. Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik.