Merekah Semangat Literasi bersama Indonesia Book Party





Payakumbuh, Sagonews.com - 

Membaca itu menarik, membaca itu baik
Membaca menyelamatkan hidup
Membaca tentu saja membuka cakrawala. Merekah ! 

Kalimat tersebut mulai terdengar lagi diucapkan oleh muda - mudi Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, mereka tergabung dalam komunitas Payakumbuh Book Party. 

Ya, semangat literasi di Indonesia terus meningkat, buktinya di kota kecil Payakumbuh saja muda - mudi nya kembali membawa buku, berdiskusi tentang buku, termasuk puisi, cerpen, novel dan karya sastra lainnya.

Hal itu dilakukan Payakumbuh Book Party sebagai bagian dari Indonesia Book Party, untuk meningkatkan semangat literasi dan dengan itu mencapai cita - cita mereka. Sehingga mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih maju lagi.

Komunitas Payakumbuh Book Party telah berjalan pada pertemuan ke dua, kali ini bertempat di lapangan sekitar kampus II Unand Payakumbuh. Berbagai buku mulai diceritakan oleh peserta, termasuk berdiskusi bagaimana buku mampu membawa hidup ke arah yang lebih baik lagi.

Misalnya dr. Nita, mengaku mampu menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Kedokteran UNRI berkat membaca dan yang utama adalah do' a orang tua. Hal itu menjadi motivasi sendiri bagi peserta lain dari kalangan pelajar SMAN 1 dan SMAN 2 Payakumbuh.




Penggagas Payakumbuh Book Party sendiri, Afdal Hakim mengaku dengan membaca telah membawa hidupnya ke arah yang lebih baik, ia mampu keliling Indonesia dan pulang ke Payakumbuh untuk mengabdi. Afdal Hakim merupakan terapis untuk pecandu narkoba dan penderita HIV / AIDS.

Adapula ulasan novel dari siswa SMAN 1 Payakumbuh, Oly, yang mengungkapkan kisah hidup zaman kerajaan dimana kesetaraan gender itu harus dan manusia harus percaya kepada dirinya sendiri (Correct me if i'm wrong / CMIIW).

Hadir juga dalam pertemuan itu, Irfan mashasiwa Ilmu Sejarah UNAND, Kak Sherly pegiat literasi, Fadliriansyah Sikumbang penulis dan redaksi ini. Termasuk Kak Icha seorang instruktur Yoga yang semuanya aktif dalam mendiskusikan isi karya fiksi atau non fiksi.

Adik - Adik pelajar SMAN 1 dan 2 Payakumbuh juga aktif dalam diskusi, memberikan semangat literasi untuk negeri. Semoga sehat, semangat dan kompak selalu !

( Redaksi )