Sisi Humanis Bupati Safaruddin Hingga Penyaluran Bantuan Untuk Pauh Sangik






Limapuluh Kota, SagoNews.com -

Rombongan 1 Tim Safari Ramadhan yang dipimpin bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengunjungi Masjid Raya Nagari Pauh Sangik, Kecamatan Akabiluru, Kamis (21/3). Dalam kesempatan itu, antusias masyarakat memuncak dan bersemangat.

Yang menarik, bupati Safaruddin yang nampak hadir dipenghujung sholat maghrib berjamaah, langsung menjadi imam susulan, nampaknya bupati Safaruddin dan rombongan lain berbuka puasa dulu di jalan. Setelah melaksanakan sholat, baru makan bersama dengan jamaah.

Dalam sambutannya, wali nagari Pauh Sangik, Edison Dt Rajo Sigoto, mengharapkan agar ruas jalan Batuhampa menuju Pauh Sangik dan Siamang Bunyi, agar dapat diperlebar lagi. Kemudian wali nagari juga berharap agar jaringan PDAM juga masuk ke Pauh Sangik.

Tak hanya itu, wali nagari juga berharap mendapatkan reward dari pemerintah daerah, agar pembangunan di nagari nya dapat terus berlangsung, "jika saja kami tahun depan mendapatkan reward ADD maka mungkin ada 6 jalur irigasi yang dapat kami bangun," sebut Edison Dt Rajo Sigoto. 

Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo dalam sambutannya, mengaku tujuan utama dari safari Ramadhan adalah untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat, "kami siap mendengar dan menampung aspirasi, bahkan kritikan - kritikan seperti yang telah disampaikan oleh wali nagari tadi terkait reward, itu sebenarnya persoalan administrasi pemerintahan di DPMDN," sebut Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Bupati juga menyampaikan pesan bahwa Pemilu 2024 telah selesai dilaksanakan, diharapkan kepada masyarakat agar tidak ada yang terpecah - belah karena itu, "biduak lalu, kiambang batawik, kita kembali sebagaimana biasanya, tidak adalagi persoalan dukung mendukung," ucap bupati.

Bupati juga mengapresiasi masyarakat Kecamatan Akabiluru yang telah berhasil mendudukkan putri asli nagari Pauh Sangik di DPRD Provinsi, yaitu Nella Abdika Zamri dari partai Golkar. Sekaligus bupati menyampaikan pesan permohonan maaf dari Nella tak bisa hadir, karena ada tugas di Kota Padang yang tak dapat ditinggalkan.

Terkait usulan pelebaran jalan dari wali nagari, bupati saat itu juga merespon agar wali nagari dapat berkoordinasi dengan Kadis PU Nopriyadi Syukri yang juga hadir pada kesempatan tersebut. 

Sisi humanis dari bupati niniak mamak, bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo tak hanya dijumpai saat memimpin sholat. Ia juga akrab dengan anak - anak pelajar tingkat SD di Pauh Sangik, sekitar 4 orang pelajar SD laki - laki dimintainya untuk maju ke depan. 

Satu per satu ia minta memperkenalkan diri dan menyebutkan cita - cita, lalu kemudian meminta jamaah sholat tarwih untuk mengaminkannya. Ada yang bercita - cita menjadi ustad, polisi, pilot dan tentara. Luar biasa. 

Kemudian ada 6 anak SD perempuan diminta maju oleh bupati, sambil memperkenalkan diri dan menyebutkan cita - citanya pula, ada yang ingin jadi dokter, dokter hewan, tentara dan guru. "Luar biasa cita - cita dari anak - anak Pauh Sangik, mari kita bantu bersama - sama untuk mewujudkannya," ucap bupati sambil memberi hadiah dan buku.

Dalam kesempatan itu, bupati juga memperkenalkan rombongan yang hadir, Kepala Bapelitbang Gusdian Laora, Kepala Badan Keuangan Win Hari Endi, Kepala Dinas Pangan Witra Porsepwandi, Kepala Baznas Yulius, Kepala Dinas Kesehatan Yulia Mazna. Kepala bagian umum Irwandi, Kepala Protokoler, Dirut PDAM Nofrizen, Kabag Ops Polres Payakumbuh, unsur Forkopimca, Babinsa Akabiluru dan awak media yang juga diperkenalkan satu per satu oleh bupati.

Hadir juga Kemenag Limapuluh Kota, bagian Kesra dan kepala BPJS Ketenagakerjaan, dalam hal itu bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah telah mengalokasikan pembayaran BPJS untuk guru mengaji, garin masjid dan imam. Lebih kurang totalnya ada 3.400 di Limapuluh Kota. Di samping itu pemerintah juga akan terus berupaya menaikkan gaji mereka, sehingga kesehatan dan asuransi jiwa bagi mereka terjamin, ucap bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan ucapan berduka untuk bencana di Kabupaten Pesisir Selatan, "melalui Baznas kita akan menyampaikan surat ke pengurus masjid agar dapat mengumpulkan donasi untu korban bencana longsor dan banjir bandang di pesisir, korban meninggal dunia lebih 25 orang dan masih ada yang belum ditemukan," ucap bupati.

Bupati juga memberikan bantuan untuk mesjid sebanyak 20 juta, menyalurkan paket dari Baznas dan menyampaiakan bahwa ada penambahan bantuan pembangunan sanitasi (jamban) untuk warga Pauh Sangik sebanyak 10 buah, dalam program menuju Limapuluh Kota Sehat (ODF). Di dampingi Kadis Kesehatan Yulia Mazna, juga memberikan BPJS Kesehatan bantuan pemerintah sebanyak 40 paket untuk keluarga tergolong tidak mampu di Pauh Sangik. 

(Fadli Riansyah Sikumbang)