Tantangan Membangun Sumber Daya Alam Unggul




Oleh : Meli Fitri Yani 
Rabu, 08 Mei 2024 08:30

SagoNews.com - 
Sumbar - Sumber daya alam di indonesia sangatlah banyak dan beragam. Mulai dari minyak dan gas bumi, batu bara, daya pangan yang beragam, hutan, laut, hingga emas.

Dari banyaknya sumber daya tersebut adalah hal yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan masyarakat indonesia sendiri.

Sumber daya alam sendiri memiliki ada yang dapat diperbahurui dan tidak dapat diberharui, ada yang hayati dan ada yang non hayati.

Pemanfaatan sumber daya alam sendiri juga harus dilakukan dengan baik, jangan sampai terjadinya pencemaran terhadap lingkungan dari sumber daya alam tersebut.

Di provinsi Sumatra Barat sendiri yang mempunyai banyak kabupaten tentu memiliki banyak dan beragam sumber daya alam. Sumber daya alam yang dimiliki Provinsi Sumatera Barat yang dapat diperbaharui antara lainnya adalah sumber daya alam yang berasal dari perkebunan, pertanian tanaman pangan, peternakan, kehutanan dan perikanan. 

Sedangkan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui Provinsi Sumatera Barat juga kaya akan bahan tambang dan galian yang menjadi potensi unggulan daerah seperti batu bara, gas bumi, minyak. Di jambi juga mempunyai potensi sumber daya alam ekspor yang besar, yaitu biji pinang, kelapa, kopi, sawit, dan sebagainya.

Namun adanya terjadi eksploitasi sumber daya alam mengakibatkan kerusakan lingkungan yang merugikan masyarakat Sumatera Barat, seperti yang pernah terjadi kebakaran hutan dan lahan yang besar, penebangan liar, dan pembangunan yang tidak ramah lingkungan. Dikarenakannya tata Kelola sumber daya alam yang tidak baik.

Provinsi Sumatera Barat pun sedang berada dalam kondisi ketergantungan perekonomian pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
Dengan itu diharapkan pemerintah melakukan kewenangan yang tegas agar tidak terjadinya eksploitasi yang merugikan sumber daya alam Sumatera Barat lagi.
Masyarakat sendiri seharusnya juga melakukan industri bisnis yang kreatif dan aman buat lingkungan sumber daya alam Sumatera Barat.

Penulis : Mahasiswi STAIDA Payakumbuh