Jus Jambu Dari Kapolres Payakumbuh, 1 Langkah Antisipatif Covid 19



Payakumbuh, SagoNews.com - Setelah dilakukan uji coba ilmiah dan dilansir oleh berbagai sumber terpercaya, jambu biji dengan nama latin psidium guajava itu,  kini menjadi salah satu alternatif meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Ari Fahrial Syam, jambu biji memiliki kandungan senyawa yang cukup lengkap untuk menangkal penyebaran COVID-19. “Dari riset bioinformatika, kandungan dalam jambu biji mampu mencegah atau paling tidak mengurangi virus tersebut”, ujar Ari.

Berdasarkan hasil penelitian yang menurutnya sudah disampaikan pada “Seminar dan Workshop Eksplorasi Bahan Herbal Kandidat Potensial Antivirus Corona: Analisis Big Data dan In Silico”, ditemukan beberapa golongan senyawa pada jambu biji yang berpotensi untuk menghambat dan mencegah COVID-19 yaitu hesperidia, rhamnetin, kaempferol, kuersetin dan myricetin.

Kemudian merujuk pada hasil penelitian dari ilmuwan Indonesia terkait potensi jambu biji yang dikabarkan menjadi komoditi ampuh untuk menangkal virus corona (covid-19), Polres Payakumbuh sediakan jus jambu untuk personelnya.

Sebagaimana dilansir ui.ac.id, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerja sama dengan institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengembangkan penelitian terkait jambu biji (guajava) sebagai kandidat potensial untuk pencegahan COVID-19.

Senada dengan hasil penelitian tersebut, detik.com melansir pendapat Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro bahwa buah jambu biji diduga memiliki khasiat terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi COVID-19 .

Begitu pula pendapat Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB, Irmanida Batubara dalam risetnya menemukan senyawa flavonoid pada jambu biji dan madu yang memiliki potensi menjadi antivirus Corona (Covid-19).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, meskipun masih harus dimonitor penelitian lanjutannya, tidak salahnya dicoba, setidaknya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ujar Kapolres Payakumbuh.

Kaporles Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan “demi menjaga personel dari penyebaran virus corona, semua langkah pencegahan sudah kita coba mulai dari berjemur, senam, jaga kebersihan lingkungan kantor, penyemprotan disinfektan, penyediaan wastafel dan hand sanitizer, pemeriksaan kesehatan sampai dengan prosedur bagi personel dan masyarakat yang berkunjung ke Polres“

“Selain itu, kita juga coba langkah pencegahan dengan menyediakan jus jambu kepada personel secara bergantian selama 7 hari belakangan ini”, ujar Kapolres.

Menurut Kabag Sumda Polres Payakumbuh Kompol Russirwan selama satu minggu terakhir telah memberikan kurang lebih sebanyak 350 jus jambu kepada personel secara bergantian. “Dan ini akan berlanjut tersebut sampai dengan ke tingkat Polsek“, ujarnya.

Meski demikian, tidak kalah pentingnya kata Russirwan adalah menjaga pola hidup sehat dan bersih, menjaga jarak baik secara fisik maupun sosial dan mengetahui bagaimana pola penularan virus ini sehingga kita dapat secara sadar mengamankan diri kita sendiri tanpa harus disuruh-suruh atau diingatkan oleh orang lain. (Hms/frp)