Sudah 8 Orang Positif Covid-19 di 50 Kota




Limapuluh Kota, SagoNews.com - Sepertinya angka covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota terus melejit, jika sebelumnya tim gugus tugas daerah ini menginginkan zero covid. Namun usaha itu kandas setelah dikirim puluhan sampel ke labor biomedik FK Unand, di bawah kendali dr. Andani.

Hari ini, Kamis (14/05) pasien positif Covid-19 Kabupaten Lima Puluh Kota bertambah 2 orang lagi. Sehingga totalnya menjadi 8 orang. Penambahan tersebut atas inisial ‘Mis’ dan ‘Fat’ dimana keduanya bekerja sebagai tenaga medis di Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota.

“Benar hari ini ada penambahan dua warga Lima Puluh Kota yang positif Covid-19. itu informasi yang kami dapatkan dari provinsi,” ujar Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan.


Ia mengatakan bahwa kondisi ini perlu disikapi secara serius, karena masih banyak warga yang pernah kontak dengan pasien yang positif sebelumnya, yaitu pasien berinisial Y, belum dilakukan tes Swab.

“Ini perlu diseriusi, kita perlu melakukan tracking kemana, dimana saja dan sama siapa pasien positif sebelumnya pernah kontak. Minimal kontak seminggu sebelum pasien tersebut dinyatakan positif. Untuk satu orang positif diharapkan minimal 100 tes swab,” ujarnya.

Menyikapi keterbatasan alat, tenaga medis dan fasilitas tim gugus tugas Covid-19 Lima Puluh Kota saat ini, Wakil Bupati menambahkan, bahwa secara pribadi, dirinya siap memfasilitasi tes swab bagi warga jika ada yang mau melakukan tes swab.

“Kami siap memfasilitasi dan akan kami antar ke RSUD Adnaand WD Kota Payakumbuh. Kami sudah berbicara langsung dan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit. Ini kami lakukan untuk warga yang terbatas kemampuan atau yang orang yang semestinya di tes tapi tidak terdata oleh Satgas, silakan hubungi kami,” papar Feizal Ridwan.

“Disamping itu kami mengajak para relawan, donatur dan yang peduli untuk membantu proses transportasi pp masyarakat kita, termasuk memberikan bantuan sembako minimal selama isolasi, baik untuk yang bersangkutan maupun keluarga. Untuk itu silakan hubungi ke nomor 085216661920, bisa sms atau WA,” pungkas Wabup.

Terpisah Kadinkes Limapuluh Kota, Tien Septino belum menjawab pertanyaan wartawan perihal covid-19. Senada dengan itu ketua tim gugus tugas tak bisa dihubungi dan belum mengadakan konferensi pers terkait perkembangan pencegaha covid-19.

(Rel/frp)