Warga 50 Kota Positif Covid, Tengah Malam Wabup Langsung Cek RSUD Ahmad Darwis


SagoNews.com  - Usai mendapati informasi warga Kabupaten Limapuluh Kota positif Covid-19 dari beberapa Media online, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan langsung mendatangi RSUD Achmad Darwis Suliki, Sabtu (9/5/2020) dini hari. Dirinya langsung mengechek data pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit rujukan Covid-19. 

“Tadi pukul 00.05 WIB, saya membaca beberapa informasi di beberapa Media Online perihal kabar warga Limapuluh Kota positif Covid-19. Dari informasi ini, langsung saya datangi RSUD Achmad Darwis dan melihat data pasien PDP maupun yang dirujuk ke RS Rujukan Covid-19,” sebut Ferizal Ridwan kepada SagoNews.com, Sabtu pagi menjelang sahur.

Dari data yang dilihat oleh Wabup, pihak RSUD Achmad Darwis telah mengirimkan 58 sampel untuk dilakukan SWAB test ke laboratorium FK Unand. Dari 58 sampel, 43 sampel sudah dinyatakan negatif. Sedangkan 15 sampel lainnya masih menunggu hasil test. 

“Mungkin yang dimaksud positif oleh pak Gubernur dari informasi media online yang beredar tadi, diantara 15 sampel yang belum diterima hasilnya oleh Pemkab Limapuluh Kota maupun RSUD Achmad Darwis. Sedangkan 43 sampel yang telah dikirim sebelumnya sudah dinyatakan negatif,” ucap Wabup. 

Namun untuk informasi yang lebih valid perihal warga Limapuluh Kota yang positif Covid-19, Wabup masih menunggu informasi dari FK Unand dan Pemprov Sumbar secara rinci. Hal ini diperlukan untuk pemetaan penanggulangan wabah Covid-19 di Limapuluh Kota. 

“Mudah-mudahan informasi valid dan data diri warga yang positif ini cepat disampaikan ke Pemkab Limapuluh Kota,” Kata Wabup. 

Mengingat warga Limapuluh Kota yang positif terpapar Covid-19 adalah rujukan dari RSUD Achmad Darwis, Wabup meminta agar standarisasi petugas medis di RSUD Achmad Darwis dalam membentengi diri dari paparan Covid-19  lebih diperhatikan oleh Satgas Gugus Tugas Covid-19.  (frp)