Dimasa Pandemi Iptu Alaswandi Penerima Kalpataru Presiden RI Tahun 2014 Terus Mengabdi dan Berbagi


Payakumbuh, SagoNews.com - Salah satu perwira Polres Payakumbuh IPTU Alaswandi penerima Kalpataru dari Presiden Republik Indonesia tahun 2014 dengan kategori Pengabdi Lingkungan Hidup, telah mengabdikan dirinya untuk pelestarian lingkungan hidup, apalagi dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini kehadirannya sungguh berarti.

IPTU Alaswandi yang saat ini menjabat sebagai Wakapolsek Luhak Polres Payakumbuh, telah mengubah lahan tandus menjadi tempat wisata yang diberi nama Ngalau Tabuah yang berlokasi di Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabuoaten Limapuluh Kota.

“Saya sebagai Bhabin disini dulu pangkat Bripka, jadi saya ditugaskan disini untuk mengantisipasi masyarakat dalam keamanan di wilayah hukum Polsek Luhak atau Polres Payakumbuh. Lalu saya membeli sebidang tanah tahun 2003, maka tanah tersebut saya olah menjadi perikanan”, tutur IPTU Alaswandi.

IPTU Alaswandi telah membuat saluran irigasi secara mandiri membelokkan arah air dari sumber air gunung sehingga dapat membantu masyarakat untuk mengairi sawah milik warga seluas kurang lebih 75 Hektar.

“Pada tahun 2003, saya mulai mengolah saluran irigasi tersebut. Selain dimanfaatkan mengairi persawahan masyarakat seluas 75 Hektar, saya juga manfaatkan untuk membudidayakan ikan kurang leibh sebanyak 100.000 ekor”, ujarnya.

“Dari 100.000 ikan yang dibudidayakan, terdiri dari 50.000 ikan patin,  40.000 ikan nila dan 10.000 ikan mas. Dan saat siap panen, tak lupa kita membagikan hasilnya dengan masyarakat sekitar”, ujar IPTU Alaswandi.”

Dalam rangka memasuki masa normal baru (New Normal), telah banyak personel Polres Payakumbuh yang melakukan beberapa inovasi untuk menjaga ketahanan pangan serta membagikan sebagian hasilnya kepada warga yang terdampak ekonomi akibat wabah Covid-19.

IPTU Alaswandi peraih kalpataru ini juga salah satunya, ia juga ikut berperan menjaga ketahanan pangan dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya dengan membudiyakan ikan di dalam 12 kolam yang ia kelola, serta membagikan sebagian hasil budidaya ikan tersebut kepada warga yang terdampak secara ekonomi akibat wabah virus Corona.

Di dampingi oleh Kabag Sumda Kompol Russirwan dan Kapolsek Luhak AKP Amirwan, IPTU Al Aswandi membagikan beras dan ikan hasil budidayanya kepada warga sekitar yang terdampak secara ekonomi akibat wabah Covid-19 pada hari Kamis (4/6).

IPTU Alaswandi memberikan sebagian dari hasil ikannya kepada warga.


Kapolres Payakumbuh memberikan apresiasi kepada IPTU Alaswandi atas dedikasinya kepada masyarakat, dan menghimbau kepada seluruh jajarannya agar ikut serta menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi lebih produktif atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat membantu dan meringankan beban masyarakat.

“Saya menghimbau kepada seluruh jajaran untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk melaksanakan program ketahanan pangan ini, ke depannya program ketahanan pangan ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber daya dalam memenuhi kebutuhan pangan di tengah masa pandemi Covid-19. Bagaimana caranya keberadaan kita dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar”, pungkas Kapolres. (Hms/frp)