Irwan Prayitno : Gerhana Matahari Tanda Kebesaran Allah


SagoNews.Com --  Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyaksikan secara langsung proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Masjid Raya Sumbar, didampingi Ketua Pimpinan Wilayah (DPW) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Sumbar Prof. Duski Samad, (21/6/2020).

Tampak hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar H. Hendri, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar, H. Syaifullah, dan Kasatpol PP Sumbar, Dedi Diantaulani dan pejabat lainnya⁣.

"Gerhana Matahari adalah tanda kebesaran dari Allah, Subhanahu Wata’ala. Jelas dalam hadist riwayat Al Bukhori disampaikan, jika kalian melihat gerhana tersebut, maka bersegeralah untuk melaksanakan shalat," kata Irwan Prayitno, setelah melaksanakan ibadah shalat Gerhana Matahari, di Masjid Raya Sumbar.


Selesai sholat gerhana, Irwan Prayitno menyempatkan diri untuk menyaksikan secara langsung proses terjadinya gerhana matahari dengan menggunakan teleskop di Masjid Raya Sumbar.⁣

Terpisah, Menurut Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Rhorom Priyatikanto menyebutkan di Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian, sementara sejumlah negara lain bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin.(Frp)