Kapolda dan Gubernur Sumbar Apresiasi Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh

SagoNews.com - Di Polres Payakumbuh, Gubernur dan Kapolda Sumatra Barat sempat memanen beberapa telur ayam langsung dari kandang ayam petelur dan mencicipi jeruk serta meninjau seluruh taman pangan terpadu yang terdiri dari tanaman hidroponik, aquaponik, selokan yang dijadikan kolam ikan, kolam terpal, budidaya lele dalam drum dan tanaman pangan lainnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto mengapresiasi Taman Pangan Terpadu seluas 390 meter² yang berada di bagian belakang Polres Payakumbuh, Rabu siang (17/6).

“Wah, ini program ketahanan pangan pak kapolres bisa mengalahkan milik Dinas Pertanian,” ucap Gubernur Sumbar. 

Sementara Kapolda Sumbar mengatakan “Ini ide yang sangat kreatif. Lahan yang sempit bisa dimanfaatkan untuk menjaga ketahanan pangan. Lengkap ada pertanian, berbagai jenis tanaman dalam polybag, hidroponik aquaponik, perikanan dan peternakan“.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan didampingi oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan bahwa Taman Pangan Terpadu tersebut menggabungkan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan pertanian terpadu yang merupakan prioritas pembangunan pertanian nasional.

“Pembangunan Taman Pangan Terpadu ini didukung oleh bapak Walikota dan dibantu secara teknis oleh dinas terkait yaitu Dinas Pertanian dan Peternakan dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh“, pungkas Kapolres. 

Kunjungan ke Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh dilakukan sebelum Gubernur, Kapolda dan Danrem 032/Wirabraja meninjau Kampung Tangguh Nusantara dalam rangka mempelajari keberhasilan (best practices) dan role modelpenanganan Covid berbasis kearifan lokal dimana masyarakat secara mandiri dan swadaya, bergotong royong atasi Covid-19 dan dampaknya.
(Rel/frp)