Pastikan Masuk Zona Hijau, Puluhan Sampel Tes Swab Dari Situjuah Diambil

SagoNews.com - Untuk memastikan Kabupaten Limapuluh Kota berada di zona hijau penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Tim gugus tugas setempat melakukan tes swab secara mandiri, hari ini di Kecamatan Situjuah Limo Nagari telah diambil sampel untuk diuji laboratorium biomedik FK Unand.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Drs. Rahmad Hidayat, M. Si mengatakan agar dapat dinyatakan zona hijau, untuk Kecamatan Situjuah Limo Nagari minimal 90 sampel yang harus di tes swab.

“Saat ini bagi kita di Situjuah sudah melewati target tersebut. Tinggal saat ini kita menunggu hasilnya,” katanya didampingi Kepala Puskesmas Situjuah Ns. Masril, S.Kep di kantor camat setempat.

Ia mengatakan, tes swab tersebut merupakan program dari dinas kesehatan, dan untuk Kecamatan Situjuah Limo Nagari jadwalnya bergabung dengan Kecamatan Akabiluru beberapa hari yang lalu.

Namun, kata dia karena tidak sampai kuota 90, maka tim gugus kecamatan meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota untuk melakukan swab secara mandiri di Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan mereka menyanggupi.

“Setelah adanya kesediaan Dinkes mendatangkan tim medis berserta perlengkapannya, maka kita undang pihak-pihak yang akan di tes swab,” katanya.

Adapun yang ikut tes swab hari ini di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, terdiri dari perangkat desa / nagari, Linmas, wali nagari ketua lembaga, Pendamping Sosial PKH, kader Yandu, dan pendamping desa. Selain itu juga penyelenggara pemilu, berupa PPK dan PPS serta pengawas pemilihan Panwascam hingga PPL.

Rahmad menilai para pemangku kepentingan tersebut intensitasnya bersentuhan dengan masyarakat sangatlah tinggi. Apalagi bagi penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu, yang mana tidak berapa lama lagi kegiatannya di masyarakat sangat padat. (Wba/frp)