Mahasiswi Unri Ikut Perangi Covid di Perkampungan 50 Kota



SagoNews.com, - Sejak penyebaran virus Covid-19 kian mengkhawatirkan, terutama di Kabupaten Limapuluh Kota,  semua eleman bergerak untuk memerangi virus mematikan tersebut. Tak hanya tenaga medis, TNI/Polri serta pemerintah daerah dan organisasi kemasyarakat yang turun langsung ke masyarakat, mahasiswi pun ikut ambil bagian untuk mencegah penyebaran Covid-19 tersebut.

Begitulah  yang dilakukan oleh Dizza Yolanda, mahasiswi dari perguruan tinggi ternama, Universitas Negeri Riau (Unri) di Kabupaten Limapuluh Kota sejak beberapa pekan terkhir ini. Gadis cantik itu, rela jauh-jauh dari propinsi tetangga untuk mengabdi di Kabupaten Limapuluh Kota agar Covid-19 tidak menyebar luas di daerah paling timur Sumatera Barat tersebut.


Dengan memberanikan diri, mahasiswi yang akrab disapa Dizza itu, bergabung bersama tim satuan tugas pencegahan Covid-19 di Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban. “Saya bergabung bersama pemuda disana untuk memerangi Covid-19 ini,”terang Dizza Yolanda beberapa hari yang lalu.

Selama bergabung dengan tim satgas Covid-19 Nagari Sitanang, mahasiswi tersebut tiada henti untuk bergerak aktif serta berbaur dengan masyarakat di selatan Limapuluh Kota itu. Salah satunya melalui edukasi dan sosialisasi bahaya Covid langsung ke masyarakat.

“Disana, saya membuat masker, membagikannya secara gratis ke masyarakat. Kemudian, ikut bergabung untuk melakukan penyemprotan disinfektan,”terangnya. Selama di Nagari Sitanang, Dizza Yolanda tidak segan-segan untuk mendatangi posko Covid yang didirikan  oleh pemuda setempat. “Saya berbaur dengan pemuda setempat, mendatangi posko dan melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan yang akan masuk ke Nagari Sitanang,”katanya.

Selain itu, setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar berakhir, Dizza tidak langsung balik ke kampus untuk melanjutkan pendidikannya. Melainkan, dirinya terus mengabdi untuk memutus penyebaran virus mematikan itu. Disaat New Normal, dirinya aktif mendatangi warga untuk memberikan penyuluhan dan edukasi memasuki tatanan hidup baru pasca PSBB dalam mencegah penyebaran Covid-19.


“Saya datangi masyarakat, berikan penyuluhan kepada anak-anak tentang apa itu New Normal. Kemudian, memberi edukasi betapa pentingnya menjaga Kesehatan, terutama dalam mencegah virus yang pandemik ini,” katanya.

Mengajak masyarakat untuk menerapkan hidup sehat, selalu mencuci tangan dan mengajak selalu memakai masker, tak pernah bosan disampaikan tiap hari oleh Dizza kepada warga Nagari Sitanang.

“Ini adalah sebagai bentuk kepedulian saya selaku mahasiswi Unri yang melakukan KKN Relawan Desa Cegah Covid-19 di Nagari Sitanang. Harapan kedepan, agar dapat menyadarkan masyarakat, pentingnya untuk menjaga kebersihan. Kemudian, menjalankan aktifitas dengan protokol Kesehatan secara khusus masa pandemic ini, sangat penting. Mudah-mudahan, dengan pencegahan yang sudah dilakukan sehingga masyarakat terhindar dari Covid-19,”ucapnya lagi. (Red/dd)

Baca juga : Mahasiswa UNRI Kukerta Pengabdian di Durian Tinggi Kapur IX