PPDP Siap Datangi Rumah Pemilih



SagoNews.com - PILKADA semakin dekat, 9 Desember hanya tinggal enam bulan lagi. Kemeriahan pesta demokrasi ini juga diwarnai dengan semarak nya baliho dan poster Bakal Calon Kepala Daerah di Sumatera Barat. Hal ini menjadi langkah awal sosialisasi kepada masyarakat tentang calon pemimpin di Ranah Minang untuk satu periode mendatang.

Disamping maraknya sosialisasi oleh Bakal Calon Kepala Daerah, KPU Kota Payakumbuh selaku penyelenggara PILKADA di Kota Payakumbuh juga semakin gencar melakukan proses tahapan PILKADA ini. Verifikasi faktual yang dilakukan dari tanggal 27 Juni di Payakumbuh akan berakhir pada 10 Juli mendatang. 

Tahapan berikutnya yang tak kalah penting adalah Coklit (Cocokkan Data, Teliti Bekerja) yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang terjun langsung ke masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Dalam tahapan ini, masyarakat diminta untuk bekerjasama menyiapkan e-KTP/Surat Keterangan dan Kartu keluarga. Dokumen ini nanti yang akan dicocok kan oleh petugas dengan data yang ada dari KPU. Tahapan coklit oleh PPDP berlangsung dari tanggal 15 Juli-13 Agustus 2020.

Dalam sesi tanya jawab dengan Neti Payoka selaku Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi ada pesan penting yang disampaikan kepada masyarakat. Pertama,  masyarakat diharapkan dapat menerima PPDP dengan terbuka. Kedua, masyarakat dapat menyiapkan  dan memperlihatkan  identitas diri kepada PPDP. Ketiga, Masyarakat yg memiliki hak pilih di pyk bisa terdata semuanya dan bisa menggunakan hak pilihnya di 9 Desember 2020 nanti. Keempat, dengan  pendataan yg paripurna, diharapkan bisa memberikan hasil data pemilih yang valid. Dihimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir dan cemas ketika ada petugas memakai APD lengkap datang kerumah masyarakat, karena ini merupakan protokol pencegahan covid 19 yang harus dilakukan. PILKADA yang sukses akan melahirkan pemimpin yang berkualitas.

Payakumbuh 07/07/2020
(Fikri)