Wujudkan Zona Integritas Pelayanan Publik, Polres Payakumbuh Diapresiasi Tim Deputi Kemenpan RB



Payakumbuh, SagoNews.com - Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, S.H., S.I.K, yang baru saja beberapa hari melaksanakan tugas di Polres Payakumbuh, menerima kunjungan dari Tim Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Kamis (3/09/2020) di Mapolres Payakumbuh.

Kunjungan Tim Evaluator Pelayanan Publik dari Deputi Kementerian PAN RB Jeffrey Erlan Muller (Asisten Deputi) beserta tim lainnya Maulana, Taufiq dan Nanang, datang dalam rangka pengecekan dan peninjauan lebih dekat pelayanan satu atap yang dilaksanakan oleh Polres Payakumbuh, dan mengapresiasi atas terselanggaranya pelayanan publik dengan baik.

Selama berlangsungnya kegiatan pemantauan dan evaluasi pada UPP, Tim Evaluator Deputi Kemenpan RB didampingi oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, dan juga Waka Polres Kompol Jerry Syahrim, Kabag OPS Kompol Bresman Simanjuntak, Kabag Sumda Kompol Russirwan, Kabag Ren Kompol Zulman Efendi, Kasat Intelkam AKP Luhur Fachri Utomo, PJU dan seluruh Operator Yanlik Polres Payakumbuh.

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi atas kesediaan Asdep Deputi Bid Yanlik berkenan hadir ke Mako Polres Payakumbuh dalam rangka memantau secara dekat pelayanan satu atap Polres Payakumbuh.

“Tahun 2019 Polres Payakumbuh hanya meraih predikat baik. Semoga Tahun 2020 ini bisa meningkat menjadi predikat pelayanan prima A+,” harap Kapolres.

Menurut Tim yang melakukan kunjungan tersebut, dari keseluruhan Polres-Polres yang ada di jajaran Polda Sumatera Barat, hanya Polres Payakumbuh yang memiliki Pelayanan Terpadu Satu Atap, dengan memberikan layanan SPKT, SIM dan SKCK secara terintegrasi dalam satu atap bangunan. Hal ini sejalan dengan konsep dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB.

Juga keseriusan Polres Payakumbuh dalam membangun Zona Integritas menuju WBK dan peningkatan kualitas pelayanan publik serta inovasi Polres Payakumbuh dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik seperti Apps Android Polisiku, Command Center, Ruang Pelayanan Terpadu Satu Atap, SKCK & Sidik Jari Satu Atap, Pylon Sign, Front Office, Bezuk Online, Pengungkapan Kasus Berbasis IT, Ruang Bermain Anak, Ruang Ibu Menyusui, Toilet Berkebutuhan Khusus & Kaum Rentan, Transaksi Pembayaran Non Tunai dan lainnya  sudah berjalan seperti yang diharapkan.

“Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Polres Payakumbuh, saya mohon asistensi dan bimbingan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB sehingga Polres Payakumbuh dapat selalu memberikan Pelayanan prima kepada masyarakat,” ujar Alex Prawira.

Disamping mengunjungi pelayanan, rombongan tim Deputi Kemenpan RB  juga disuguhkan dengan pemutaran video Yanlik Polres Payakumbuh dengan penerapan protokol Kesehatan Covid-19, kemudian mendengarkan paparan Kasat Intelkam Polres Payakumbuh AKP Luhur Fachri Utomo tentang peningkatan kualitas Pelayanan Publik di Polres Payakumbuh, termasuk mendengarkan arahan, bimbingan dan masukan dari Asisten Deputi Kemenpan RB Jeffrey Erlan Muller tentang evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik.

Diakhir acara, diadakan diskusi dan tanya jawab, serta penyerahan laporan pelaksanaan pemenuhan aspek-aspek penilaian kinerja unit Yanlik Polres Payakumbuh dari Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, kepada Asisten Deputi Kemenpan RB Jeffrey Erlan Muller dan penyerahan buku Top 45 Yanlik dari Asisten Deputi Kemenpan RB Jeffrey Erlan Muller kepada Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira. (Hms/frp)