Program ZCD Baznas Gerakkan Ekonomi Umat di Padang Pariaman

Zakat Community Development BAZNAS : Dua bulan pendampingan kelompok mustahiq Nata de Coco di Nagari Balai Baiak, Kabupaten Padang Pariaman


Padangpariaman, SagoNews.com ~ Zakat Community Development (ZCD) adalah salah satu program yang dicanangkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dalam rangka upaya mempercepat pembangunan dibidang ekonomi, sosial, kesehatan dan pendidikan termasuk lingkungan.

Salah satu Desa/Nagari yang menjadi lokasi program ZCD Baznas berada di Nagari Balai Baiak, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat. Nagari Balai Baiak resmi menjadi dampingan ZCD Baznas sejak Desember 2019 setelah melalui assesment untuk melihat apakah lokasi ini potensial sebagai penerima manfaat ZCD Baznas. 

Dengan ada program ZCD Baznas sudah dibentuk diawal peresmiannya itu tiga kelompok mustahiq, yaitu : Kelompok pengolah keripik pisang, Kelompok pengolah Nata de Coco dan Kelompok pengolah tepung jagung.

Seiring waktu, setelah sukses dengan kelompok mustahiq pengolah keripik pisang, maka pada 16 Desember 2020 yang lalu dilakukan serah terima peralatan dan sekaligus soft launching kelompok mustahiq pengolah Nata de Coco dengan nama Sejahtera Mandiri yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua II Bidang Pendayagunaan Zakat Baznas Kab. Padang Pariaman, Bapak Drs. Zulfahmi, M.Pd yang akrab disapa pak Zul didampingi oleh Wali Nagari Balai Baiak, Bapak Abu Zanar.

"Program ZCD Baznas dengan lokasi di wilayah kerja Baznas Padang Pariaman merupakan program unggulan dan hanya dua wilayah di Sumatera Barat yang dipercaya ZCD Baznas untuk pelaksanaan program, mari kita berikan yang terbaik", ulas Pak Zul dalam sambutannya.

Saat ini dalam dua bulan berjalan sejak pertama kali didampingi pada bulan November 2020 kelompok mustahiq sudah mampu menghasilkan Nata de Coco dalam bentuk tawar sebanyak 40 kg per bulannya dan siap dipasarkan dalam packingan per satu kilogram. Dalam perencanaan akan dibuat juga packingan cup gelas kecil sesuai standar pasar yang akan disasar penjualannya di sekitar lokasi kemudian meluas ke kabupaten dengan dibantu jaringan dari Baznas Kabupaten Padang Pariaman.

Harapan jauh kedepan dari kelompok mustahiq seperti disampaikan ketua kelompok Sejahtera Mandiri, "Kami sangat berterima kasih sudah memilih Nagari Balai Baiak sebagai lokasi ZCD Baznas dan 15 orang di kelompok akan bertekad menjadikan produk Nata de Coco menjadi produk unggulan di Kab. Padang Pariaman, selain itu juga para anggota kelompok dapat terbantu ekonominya yang sebelumnya hanya sebagai buruh tani menjadi punya usaha sendiri", demikian tutur Irmaini dalam senyumnya. (RB)