ZET Express Buka Peluang Ekspor Mudah Bagi Petani dan Pengusaha Kecil Menengah

Founder ZET Express


Payakumbuh, SagoNews.com - Berbincang dengan founder ZET Express jasa kurir & cargo, Azly Zainsty (40) membuka pikiran dan pangana secara global. Setidaknya itulah kesimpulan penulis saat berbincang dengan lulusan manajemen transpor Universitas Trisakti Jakarta itu.

Bahwa ternyata, ZET Express telah mempunyai izin dan regulasi yang jelas untuk ekspor produk - produk komoditi pertanian, UMKM, kerajinan dan sejenisnya ke pasar global. 

Perusahaan yang mulai beroperasi pertengahan Tahun 2019 ini telah melakukan ekspor berkali - kali ke Malaysia, Singapura, Belanda, Australia, hingga Saudi Arabia dan negara sekitarnya.

Bekal pengalaman bekerja di perusahaan kurir internasional selama belasan tahun dan bertugas pindah pindah dari mulai Jawa hingga Papua, membuat Azly yakin dan semangat untuk merintis usahanya, walaupun dirintis di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatra Barat. 

Menurut Azly, izin dan layanan ZET Express sudah menasional, bahkan internasional meskipun bersaing dengan perusahaan sejenis yang berpusat di ibu kota negara  atau ibu kota provinsi.

Buktinya, dimasa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak Maret 2020 hingga sekarang (Februari 2021, red) pengguna jasa maupun kiriman melalui ZET Express terus bertumbuh. Kalau menurut penulis, jangankan tumbang - goyah pun tidak. Salut!

Motto ZET Express sendiri yaitu #GrowWithDelivery yang bermakna akan suatu harapan adanya suatu pertumbuhan atau kemajuan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui jasa kiriman, motto ini sangat membantu mitra - mitra maupun masyarakat serta pelaku usaha di daerah. Apalagi di Kabupaten Limapuluh Kota yang begitu luas, jasa ZET Express sangat diminati dan dibutuhkan. Terutama bagi penulis sendiri yang memiliki sebuah produk olahan kopi.

***

Pukul 21.00 - 24.00 malam tadi, Selasa (9/2) penulis berkesempatan berkunjung ke kantor ZET Express, Kota Payakumbuh untuk berdiskusi dan berkonsultasi tentang manajemen usaha dan juga peluang bisnis karena beberapa perusahaan atau pelaku usaha lain yang penulis kenal beberapa kali berdiskusi dengan Azly untuk seputar bisnis, potensi hingga memberikan sesi pelatihan kepada karyawan serta membantu membuatkan konsep manajemen perusahaan beserta rencana bisnis nya.

Yang penulis dapatkan adalah bahwa bisnis harus dimulai dari bisnis plan, sehingga pengusaha punya acuan untuk menjalankan bisnisnyan kedepan, begitu menurut Azly. 

Kembali ke topik selama 3 jam berdiskusi, yang terang penulis tangkap dari Azly adalah bahwa pelaku usaha, mulai dari pertanian, perkebunan, peternakan hingga pelaku UMKM dan sejenisnya harus membuka diri dan membuka pangana (mindset) agar terus tumbuh dan berkembang besar. Ekspor kini telah mudah, ZET Express dapat dihubungi melalui adminnya di +62812-6474-5525 atau dapat berkunjung melalui akun sosial media ZET Express.

Apa kegunaan ekspor?
Hal itu juga penulis diskusikan dengan Azly, yang penulis tangkap adalah pasar ekspor dapat menampung produk - produk dan komoditi dengan produksi yang dapat memenuhi pasar luar negeri. Sehingga pasar menjadi luas dan tak terbatas.

Selain itu ekspor juga memberikan semangat dan peluang, terutama di masa pandemik ini agar terus meningkatkan produksi dan menjaga kwalitas barang atau produk. ZET Express sendiri telah mempunyai jaringan di dalam negeri maupun jaringan internasional untuk menjembatani kiriman dari daerah hingga mancanegara.
Jadi, saatnya berkolaborasi!

(frp)