Bakal Mubes! Wabup RKN Sambut Forum UMKM 50 Kota, Ini Poin Pembahasannya



Limapuluh Kota, SagoNews.com - Wakil bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) dihari pertama dinas langsung menyambut hangat kedatangan Forum UMKM Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (01/03).

Pertemuan itu dirancang oleh divisi Humas Forum UMKM, dihadiri oleh kepala dinas UMKM Koperasi dan Perdagangan (Diskoperdag) Ayu Mitria Fadri. Diikuti oleh  pelaku UMKM, pengurus dan anggota forum yang tersebar di Kabupaten Limapuluh Kota.

Dibuka oleh Fadli Riansyah, "forum UMKM mengucapkan terimakasih dan hormat kepada Pak Wabup yang telah menyempatkan diri, waktu dan kesempatan pada hari pertama masuk kantor, untuk berdiskusi dengan kami para pelaku UMKM," ucapnya.

Selanjutnya Wabup RKN meminta kepada pelaku UMKM untuk menceritakan, bagaimana perkembangan usaha masing - masing selama ini. Bagaimana bantuan pemerintah daerah dan apa harapan ke depannya.

Menurut Yetrizal (Eri Akong) ganepo 99, "sesuai dengan yang disampaikan moderator tadi, bahwa kami di forum UMKM selama ini terus bergerak, dibantu oleh dinas terkait dan PLUT, namun perjalanan kita masih sangat lambat," ucapnya.

Kami ingin memiliki gerai bersama yang bisa kami kelola secara mandiri, bisa untuk melakukan penjualan, untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas, imbuh beberapa anggota Forum UMKM saling menimpali.

Melihat situasi itu, Wabup akan mengusahakan untuk membantu menjalin komunikasi antar pelaku UMKM, pelaku sektor pariwisata selaku magnet wisatawan ke Limapuluh Kota dan OPD terkait, sehingga dapat membantu promosi produk - produk UMKM. 

Selain hal tersebut, juga ada diskusi atau ide untuk ASN di Kabupaten Limapuluh Kota dapat memakai produk - produk asli Limapuluh Kota, seperti Tenun Kubang, Songket Halaban, Bordiran atau Sulaman lokal dan Batik Gambir di Sarilamak. 

Kemudian untuk UMKM kuliner, kalau bisa semua OPD, sekolah - sekolah dan kantor - kantor di Kabupaten Limapuluh Kota mengisi penuh botol - botol di meja atau di dapurnya dengan produk UMKM kita.

Wabup RKN Anjurkan Mubes Forum UMKM Kabupaten Limapuluh Kota

Menindak lanjuti dari keluhan ketua forum dan anggota UMKM periode 2019 - 2021, tentang minimnya bantuan dari pemerintah atau pun swasta untuk forum UMKM, nampak sudah terjawab.

Wakil bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) menganjurkan agar dilaksanakan Mubes dan mengajak para tokoh - tokoh untuk terlibat di dalam kepengurusannya. Sehingga dapat tumbuh besar secara bersama - sama.

"Pemda siap memfasilitasi, silahkan Uda - Uni buat acara Mubes," ucap Wabup RKN.

Menyikapi hal tersebut, forum UMKM langsung membentuk panitia yang diketuai oleh Riri Wiska, diikuti oleh Fadli Riansyah, Maslindawati, Ami Friska, Yetrizal, Nina, Vivia, Ulva dan Amilia RP dan anggota Forum UMKM lainnya. (Red)