Rumah Makan Tangah Sawah Andaleh, Mewah Dilingkari Bukit dan Gunung Sago



Limapuluh Kota, SagoNews.com -  Hamparan sawah langsung menukar suasana fikiran saat memasuki Jorong Kampuang Tangah, Nagari Andaleh. Sawah seluas mata memandang, gunung Sago menjulang tinggi melihatkan kegagahannya dari kaki hingga puncak. Disanalah terletak rumah makan Tangah Sawah.

Jika dari Tanjung Pati Sarilamak, masuk arah ke Taram, sebelum jembatan besi panjang itu belok ke kanan, arah ke Andaleh. Menemukan rumah makan Tangah Sawah, jangan enggan bertanya kepada masyarakat, meskipun sudah ada di google maps namun, Jorong yang berbatasan langsung dengan Balai Jariang, Kota Payakumbuh itu sedikit susah untuk ditemukan.

Soal menu, spesifiknya tumis itiak lado hijau. Lengkap dengan gulai siput, goreng telur dadar, goreng belut lado merah dan gulai jengkol. Rasanya sungguh aduhai, susah digambarkan melalui tulisan ini. Apalagi rasa kenyang yang terlalu, ditambah hembusan semilir angin membuat mata agak merem melek. Untung saja, pemandangan yang begitu indah tadi bisa dijadikan spot untuk berfoto. 

Owner kedai nasi Tangah Sawah Andaleh Evi Elita, menyebut rumah makannya dengan kedai nasi. Sudah dijalankannya selama 10 tahun, selama itu pula ia menjaga citra rasa khas Luak Limopuluah. "Jika ingin berkunjung, sudah bisa diakses melalui google maps," pesannya. (Red)