Barat Daya Coffee Creative Space Sajikan Kopi Enak dan Kolaborasi UMKM

Penulis saat menikmati kopi di Barat Daya Coffee & Mempromosikan produk - produk UMKM 50 Kota


Payakumbuh, SagoNews.com - Berdiri sejak Januari 2021 di Jalan Jeruk, Kawasan Labuah Basilang Kota Payakumbuh, Barat Daya Coffee hadir dengan konsep berbeda. Selain menyajikan kopi murni dari jenis robusta dan arabika, aneka teh, jahe dan olahan lainnya, ia juga memberikan ruang untuk kolaborasi bagi pelaku UMKM dan komunitas - komunitas anak muda.

Dendy (24) nama owner Barat Daya Coffee, mengatakan, untuk aneka makanan kita telah menyediakan food corner (pojok makanan - red) sebagai bentuk kolaborasi dengan UMKM kuliner di Kota Payakumbuh. Tak hanya merangkul warga Kota, Dendy yang merupakan putra daerah Sikabu - kabu Padang Panjang Tanjung Haro, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota itu, juga merangkul penggiat UMKM dan komunitas di Kabupaten dan Kota lainnya.

"Selain dapat menikmati sajian kopi enak dan kuliner lainnya, kami juga menyediakan ruang berdiskusi, berkolaborasi dan sinergi dengan pelaku - pelaku usaha yang punya kemauan untuk maju. Apalagi, di era digital marketing saat ini, UMKM dituntut untuk selalu meng upgrade diri," ucap lulusan teknik mesin Universitas Gunadharma Depok itu, Jum'at sore (26/03).

Tak hayal jika kedai kopi yang dibukanya sejak 2 bulan itu, selalu ramai pengunjung. Bahkan penulis sendiri, pernah tak kebagian tempat saat berkunjung ke kedai kopi milik Dendy. Terlihat kumpulan anak muda yang berdiskusi, menggunakan laptop, gadget dan juga pelaku UMKM yang membawa produknya masing - masing.

"Awak juga ingin merubah mindset masyarakat umum, kalau cafe saat ini sudah bukan cafe persepsi lama. Cafe saat ini arahnya lebih ke tempat kerja ke dua, tempat berdiskusi dan berkolaborasi," ucapnya.

Dendy yang ternyata berpengalaman sebagai blogger traveler itu, sudah merintis bisnis dari Kota Depok, sejak masih kuliah S1 pada tahun 2017. Kini ia punya mimpi untuk membangun daerah kelahirannya, bagaimana bisa go internasional bersama UMKM.

"Mimpi awak untuk go internasional bersama pelaku UMKM Bang," ucapnya kepada penulis.

Kini cafe Barat Daya coffee juga telah buka di Laos, rencana Dendy akan ikut mengekspor produk - produk UMKM kesana. Semoga terlaksana, salam pengusaha muda!

Fadli Riansyah
Penulis / Owner Kopi Sago