Gandeng Rumah Konseling Minang Darussalam, PPM Al Kautsar Gelar Tes IQ


Limapuluh Kota, SagoNews.com -
Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah Sarilamak bersama Rumah Konseling Minang Darussalam mengadakan Placeman Test (IQ,EQ,SQ) bagi santri, guru dan pegawai untuk mengasah kepribadian dan pemetaan karir, pada Sabtu (4/9), di aula Ponpes tersebut.


Kegiatan dimaksud diikuti sebanyak 227 santri dari tingkat MTs dan MA serta seluruh guru dan pegawai. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kualitas santri, guru, dan pegawai PPM Al Kautsar Muhammadiyah Sarilamak. Percepatan peningkatan kualitas dan kepribadian serta pemetaan karir menjadi target utama tahun ini. Hal ini merupakan cita-cita yang telah digaungkan oleh warga Pondok Pesantren.


selain itu, kegiatan placeman Test ini dilakukan untuk memperlancar proses pengembangan Pondok Pesantren dalam jangka panjang, dan buykan hanya untuk Pondok Pesantren, tapi juga bagi guru dan pegawai dalam pemetaan karir.


Kegiatan placeman test diadakan oleh Pondok Pesantren  Modern Al Kautsar bekerja sama dengan Rumah Konseling Minang Darussalam Padang, pimpinan Dr. Irman S.Ag,M.Pd yang telah ahli dibidangnya. Kegiatan test juga langsung di pimpin oleh dosen IAIN Batusangkar ini.


Membuka acara, Mudir PPM Al Kautsar, Dafri Harweli dalam sambutannya nmengatakan bahwa Tes IQ dan Psikologi ini perdana bagi siswa, guru dan pegawai Pondok Pesnatren Modern Al Kautsar. “ Tes IQ ini merupakan kegiatan tahunan bagi santri kita dan merupakan kegiatan perdana bagi guru dan pegawai, dan selaku pimpinan kami sangat berharap kegiatan ini akan membawa dampak yang bagus untuk perkembangan potensi santri, guru dan pegawai di lembaga ini,” ungkap Dafri.


Dafri menyebut, untuk seluruh guru dan pegawai diwajibkan ikut tes IQ dan Psikologi untuk pemetaan karir dan mengukur kepribadian serta professionalitas dalam bekerja nantinya.


“ Alhamdulillah berkat bantuan dan kerjasama dengan rumah konseling Minang Darussalam, kita bias mengukur sejauh mana kemampuan santri, guru dan pegawai kita. Harapan dan doa kita semoga Pondok Pesantren Modern Al Kautsar lebih maju lagi dimasa yang akan datang,” harap Dafri.


“Banyak dari guru dan pegawai yang merasa tertantang ketika mengerjakan tes ini. Mudah-mudahan hasilnya nanti sesuai dengan yang kita harapkan.” pungkas mudir kelahiran pandai sikek ini.


Dr Irman, selaku pimpinan Rumah Konseling Minang Darussalam mengungkapkan rasa syukurnya bisa bekerjasama dengan Pondok Pesantren Modern Al Kautsar. “Alhamdulillah kami dari Rumah Konseling Minang Darussalam juga menyampaikan terimakasih kepada PPM Al Kautsar yang telah mempercayai kami dalam pelaksanaan placeman test di lingkungan pondok pesantren. Kami beserta tim InsyaAllah akan menyuguhkan materi dan test yang akan menyenangkan dan dapat meningkatkan kualitas siswa, guru dan pegawai Ponpes Modern Al Kautsar. Kami juga berharap dari hasil test ini, akan membuahkan hasil yang baik untuk tim kami maupun untuk santri, guru, dan pegawai untuk percepatan kualitas dan kuantitas PPM Al Kautsar tentunya,” tutup dosen yang telah berpengalaman dalam melaksanakan tes IQ di berbagai instansi, baik pemerintahan maupun swasta.(Editor_Nina)