Lembaga Pembinaan Anak Tanjung Pati Tekan MoU dengan Kemenag Limapuluh Kota



Lima Puluh Kota, SagoNews.com 
Kepala Lembaga Pembinaan (LP) Anak Tanjung Pati Kecamatan Harau, tekan MoU dengan Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota pada Rabu (8/9) di gedung pertemuan Objek Wisata Kampung Korea Harau.

Penanda tanganan MoU ini dilaksanakan di sela Kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Pelaporan BOP KUA Kecamatan se Kabupaten Lima Puluh Kota, yang diikuti oleh seluruh Kepala KUA Kecamatan dan operator. Kerjasama antar dua instansi pemerintah ini berisikan pembinaan untuk warga LP Anak Tanjung Pati.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Naharudin, dalam sambutannya menyambut baik kerjasama yang digagas oleh  Lembaga Pembinaan Anak Tanjung Pati ini. “kami, sebagai Kepala Kantor dengan tangan terbuka, menyambut niat baik ini. Inilah sinerji yang harus kita bangun dalam rangka peningkatan layanan kerja untuk masyarakat, dan tentunya terkhusus untuk masyarakat Lima Puluh Kota yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan Lima Nilai Budaya Kerja Kemenetrian Agama” ujar Naharudin.

Lebih lanjut Kakankemenag menegaskan bahwa sudah selayaknya pembinaan ini digiatkan. “Sebetulnya kegiatan pembinaan ini sudah lama berjalan. Namun karena masa pandemi yang melanda, kegiatan ini terhenti. Dengan adanya MoU ini, InsyaAllah pembinaan untuk warga LP Anak Tanjung Pati akan berkelanjutan,”

Lebih lanjut, pria yang pernah menjabat sebagai Kepala KUA Kecamatan Harau ini mengurai, bahwa pembinaan untuk warga LP anak Tanjung Pati merupakan tupoksi dari Penyuluh Agama Islam. “Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS akan menjadi corong dalam pembinaan warga LP. Meski berada di Kecamatan Harau, tidak tertutup kemungkinan bagi penyuluh KUA Kecamatan lain untuk memberikan pembinaan,” jelas Kakankemenag.

Menutup arahannya, Kakankmenag berpesan agar Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS bahu membahu dalam rangka pembinaan warga LP Anak Tanjung Pati, dan berharap semoga kerjasama ini membuahkan hasil yang membanggakan dan menjadi amal jariyah.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Pembinaan Anak Tanjung Pati, Ronald  Heru Pratama, dalam sambutannya mnyampaikan keinginan dan harapan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota. “Kami sangat mengharapkan kerjasama Kementerian Agama  dan LP Anak  Tanjung Pati dalam rangka membantu dan mendukung pembinaan warga LP. Pembinaan mental dan spiritual sangat ampuh dalam pemulihan psikis warga LP,” papar Heru.

Ia menyebut, LP Anak Tanjung Pati adalah satu-satunya lembaga pembinaan anak yang ada di Sumatera Barat. “Suksesnya kami membina warga lapas, akan berimbas kepada nama baik kabupaten Lima Puluh Kota, dan tentunya itu tidak terpelas dari dukungan Kementerian Agama. Pembinaan Akhlak dan moral adalah hal utama, agar setelah keluarga dari LP ini, warga kami bisa memilki pribadi yang lebih baik,” Ujar Heru.

Heru menjelaskan, warga  LP Anak Tanjung Pati bukan hanya dihuni oleh anak-anak, tapi juga kaum hawa remaja dan dewasa. Sehingga Heru menyebut instilah binaan untuk penghuni anak-anak, dan menyebut warga binaan untuk perempuan dewasa.
Di akhir sambutan, Heru kembali mengutarakan harapan dan dukungan dari Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, sekaligusnya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. (Nina)